Yuk Hindari Obesitas Agar Tidak Mengalami Gangguan Kesehatan Ini

Obesitas bukanlah hal yang mencengangkan bagi masyarakat Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini jumlah masyarakat yang mengalami obesitas memang terus bertambah. Jangan sampai kita juga mengalami hal ini, karena obesitas dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan lain.

Beberapa gangguan kesehatan yang mungkin timbul akibat obesitas antara lain :

Gangguan Tulang dan Sendi

Orang yang mengalami obesitas biasanya akan kesulitan bergerak. Selain itu, bobot tubuh yang berlebihan juga menyebabkan kelebihan beban pada tulang dan sendi. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila orang yang obesitas mengalami keluhan sakit tulang dan sendi. Padahal keluhan tersebut akan menjadi ringan jika kita bisa menstabilkan berat badan agar kembali ideal.

Masalah Kesuburan

Ternyata tubuh yang obesitas juga erat kaitannya dengan masalah kesuburan. Wanita akan sulit hamil sedangkan pria sulit mengalami ereksi akibat timbunan lemak. Lebih parahnya lagi, ketidakseimbangan hormon karena obesitas juga rentan mengakibatkan kemandulan baik pada pria maupun wanita.

Risiko Serangan Jantung Meningkat

Tumpukan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan organ jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. Sehingga, risiko penyakit jantung koroner, penumpukan lemak di pembuluh darah dan gangguan lainnya akan meningkat. Orang yang obesitas tentunya wajib melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sambil berusaha kembali menjalankan pola hidup sehat.

Ketahanan Otot Melemah

Kondisi obesitas biasanya menyebabkan orang jadi enggan berolahraga. Bila hal ini terjadi terus-menerus, sudah pasti ketahanan otot jadi melemah. Massa otot yang menyusut mengakibatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh jadi semakin terhambat. Solusinya, butuh niat dan kedisiplinan tingkat tinggi untuk kembali berolahraga secara teratur.

Kadar Gula Darah Melebihi Batas Normal

Organ-organ tubuh memiliki keterbatasan dalam mengolah kalori yang masuk ke tubuh. Jika tubuh sudah tidak sanggup mengolah kalori, sudah pasti kadar gula darah jadi meningkat. Pada tahapan ini, orang yang obesitas pun akan mengalami diabetes.

Kadar Kolesterol Dalam Darah Pun Kian Tinggi

Bukan hanya kadar gula darah yang bisa meningkat, kadar kolesterol dalam darah pun akan mengalami hal yang sama. Setidaknya, kita harus berusaha mengatasi gangguan ini dengan menyantap makanan untuk kolesterol. Kandungan makanan yang bergizi dan rendah lemak akan membantu mengembalikan kadar kolesterol agar normal seperti sedia kala.

Ingin lekas mengatasi obesitas yang mengganggu dan merugikan kesehatan?

Yuk temukan makanan rendah kolesterol di sini. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat jika kita berniat untuk konsisten dari sekarang!