Wisata Seni Budaya Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) Jakarta

Beda halnya dengan wisata Monumen dan museum di Jakarta , Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) adalah salah satu tempat wisata seni dan budaya di Jakarta yang Terletak di Jl.Pondok Gede , Kramat Jati , Jakarta Timur.
Logo dan gambar tmii jakarta
Taman mini ini tampil mengemban misi WAHANA PELESTARIAN , PENGEMBANGAN , PELAYANAN dan INFORMASI BUDAYA. Objek wisata ini diresmikan pada 20 April 1975 dengan tujuan sebagai pengingat dan memperkenalkan warisan budaya yang merupakan kekayaan negara yang tidak ternilai dengan apapun .

Di Taman Mini , kekayaan dan keanekaragaman budaya dapat dijumpai wisatawan walaupun sekedar selayang pandang namun tetap mencerminkan kebesaran budaya Indonesia yang masing-masing menggambarkan kehidupan sosial budaya rakyat Indonesia dari setiap daerahnya.
Disini juga anda dapat menyaksikan pameran kebudayaan seperti pakaian adat , alat rumah tangga tradisional , potret wisata daerah dan bentuk pagelaran lainnya yang sangat menakjubkan. Pada waktu tertentu anda dapat juga menyaksikan secara langsung pertunjukan kesenian daerah yang beranekaragam bentuknya serta berbagai peragaan busana daerah yang dikemas menjadi satu dalam paket budaya yang unik dan menarik .
Taman mini juga berupaya terus menerus memegang teguh moral dan agama serta kearipan lokal seperti tempat-tempat ibadah lintas kepercayaan seperti masjid , gereja dan tempat ibadah lainnya untuk menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama . Tujuan pembangunan ini adalah untuk menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan rohani.
Sebagai sarana untuk memperindah pesona wisata , taman mini membuat desain yang unik dan menarik seperti Taman Kaktus , Taman Anggrek , Taman Bunga Keong Emas, Taman Apotik Hidup , Taman buah-buahan langka yang ditata secara rapi .
Jika anda pecinta satwa burung , setidaknya lebih dari 242 jenis burung dari berbagai daerah di Indonesia hidup bebas di taman Burung layaknya habitat aslinya.
Selain itu terdapat pula istana anak-anak Indonesia adalah tempat yang bagus untuk menyalurkan hobi anak anda dalam seni musik , tari, vokal dan karawitan . Serta menambah pengetahuan anak tentang dongeng-dongeng rakyat Indonesia melaui speaker , disediakan pula sarana rekreasi anak seperti Taman Among Putra yang menyajikan ragam permainan baik lokal maupun mancanegara.
Taman Mini Indonesia Indah juga selain mengembangkan misi sebagai pelestarian budaya , sentuhan teknologi canggih pun menonjol terutama pada pameran dalam bentuk film salah satunya adalah Teater IMAX Keong Emas film berbentuk tiga dimensi memamerkan kemegahan dan kekayaan budaya Indonesia yang dapat disaksikan dari dekat , sedangkan kehidupan bawah laut ( PIBW ) rasanya kita menyatu dengan ruangan bawah laut.
Aneka hidangan Indonesia dapat anda nikmati diseluruh areal taman mini dari tingkat tradisional hingga kelas dunia , rumah makan khas Padang dan suasana Malioboro yang menikmati kudapan sambil lesehan . Atau jika ingin lebih santai anda juga dapat makan di Desa Seni Pasar Tiban sambil menyaksikan berbagai kesenian panggung terbuka, tak jauh dari itu anda dapat melihat hasil karya para pengrajin berupa cendera mata yang bersifat etnis.
Cara Pencapaian :
Untuk pencapaian ke Taman Mini Indonesia dapat dicapai melalui jalan bebaa hambatan dari Tanjung Priok maupun Grogol hanya membutuhkan waktu 15 menit saja .
Dapat dicapai juga dari berbagai sudut kota menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.
Harga Tiket :
Untuk mengetahui harga tiket terbaru taman mini sebaiknya anda mengunjungi websitenya yang beralamat www.tamanmini.com karena harga sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan