Zaman demi zaman terus berganti dan selalu berkembang sedemikian rupa. Begitu juga dengan teknologi yang terus berinovasi melakukan terobosan terbaru. Seperti yang dilansir dari berita teknologi, salah satu teknologi yang sedang booming adalah Virtual Reality. Bagi kalangan gamer tentu tidak asing lagi dengan teknologi ini karena sebagian besar gamer telah mencoba menggunakan teknologi tersebut untuk merasakan sensasi di dunia nyata ketika sedang bermain game. Bagi sebagian besar orang pasti ada yang belum mengetahui apa itu Virtual Reality atau bisa disingkat sebagai VR. VR merupakan sebuah teknologi terobosan terbaru yang dapat memungkinkan seorang pengguna dapat melakukan interaksi di dunia virtualnya secara nyata. VR sering sekali digunakan di dalam sebuah game. Namun pada perkembangan teknologinya, VR sudah dapat diaplikasikan ke berbagai bidang seperti pendidikan, kedokteran, penyuluhan kegiatan, simulasi, dan lain-lain.

VR berbentuk seperti sebuah kacamata teropong dan dipasangkan ke kepala menutupi mata. VR dapat disambungkan dengan perangkat smartphone yang mendukung sensor deteksi VR. VR jenis smartphone ini merupakan yang paling booming di masyarakat karena mereka dapat memanfaatkan smartphone yang mereka miliki untuk merasakan sensasi dunia virtual di dunia nyata. Biasanya, orang-orang yang ingin merasakan sensasi seperti ini terdapat di beberapa wahana-wahana taman bermain seperti Dunia Fantasi, namun karena adanya kecanggihan teknologi VR ini, seseorang jadi dapat merasakannya di rumah dengan perlengkapan yang memadai.

Awal kemunculan teknologi VR adalah sekitar tahun 2014. Pada saat itu teknologi VR hanya diketahui oleh beberapa orang saja dan belum diketahui fungsinya dengan baik. Kemudian, teknologi ini semakin dikembangkan dan diperkenalkan ke masyarakat luas melalui sebuah pameran teknologi dan juga konferensi pers. Menurut para ahli, teknologi VR ini akan terus berkembang hingga tahun 2021 mendatang dan tetap populer di antara teknologi-teknologi lainnya.  Untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi VR dengan baik, manfaatkanlah teknologi tersebut untuk hal-hal yang baik pula, jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Janganlah menggunakan teknologi ini hanya karena tren saja sehingga pada akhirnya hanya membuang uang.