Tips merawat rantai motor biar awet

Secara umum pengguna kendaraan di Indonesia didominasi oleh pengguna sepeda motor . Sangat mudah kita temukan hampir setiap lapisan masyarakat menggunakan kuda besi sebagai sarana untuk mempermudah akses seperti berangkat kerja , sekolah ataupun bermain karena lebih simpel dan mudah menyalip dijalan tapi utamakan keselamatan berkendara. 
Salah satu elemen penting sebuah sepeda motor bisa digunakan adalah rantai , walaupun bensin sudah diisi penuh tetap jika rantai tidak dipasang atau rusak motor tidak akan bisa digunakan. Kerusakan pada sebuah onderdil banyak dilakukan karena faktor manusia ( human error ) karena lalai , tidak peduli dan gegabah dalam merawatnya akibatnya rantai menjadi mudah putus dan kendur. 
Maka dari itu perlu perawatan lebih dini sebelum hal-hal yang berakibat kecelakaan terjadi , nah berikut tim Blabla Indonesia akan berikan tips merawat rantai motor biar awet . 
1. Lakukan pengecekan secara berkala 
Hal yang perlu diperhatikan adalah mengecek rantai motor secara berkala sehingga kita bisa tahu perubahaan ataupun kerusakannya baik kekencangannya , kendur ataupun pengunci pin sambungan . Lakukan hal ini minimal satu bulan sekali jika aktifitas anda memang sering , jika tidak terlalu padat kegiatan mengendarai maka dua bulan arau tiga bulan sekali. 
2. Jaga agar tetap bersih 
Kebersihan sebuah rantai motor akan berbanding lurus dengan kenyamanan anda berkendara , lakukan pembersihan minimal sebulan sekali . Banyaknya kotoran yang menempel akan membuat rantai jadi cepat rusak dan ketika digunakan pun akan terasa berat . Lakukan pembersihan secara rutin setiap sebulan sekali dengan cara menyikatnya dirumah ataupun menggunakan jasa di bengkel-bengkel motor, jika sudah bersih maka rantai tersebut berikan peluman yang bersih pula. 
3. Gunakan gear yang asli 
Jangan sesekali menggunakan gear yang bekas atau yang palsu . Hal ini menunjang keselamatan saat berkendara , biasanya banyak kita jumpai beragam onderdil cabutan dan di toko yang menjual sangat murah . Perlu diwaspadai kasus seperti ini karena biasanya merek yang berkualitas tinggi akan berbanding lurus sesuai harga belinya dan belilah di toko atau dealer resmi dimana motor itu dikeluarkan . Jika motor anda adalah produk Honda maka beli gear di outlet resmi Honda . 
4. Gunakan gear yang masih bergigi tegak 
Penggunaaan gear yang masih bagus akan membuat tenaga motor anda maksimal . Jika menggunakan gear yang sudah tipis bahkan ompong bisa saja suatu saat rantai motor akan keluar dan tidak nyangkut lagi . 
5. Kencangkan besi As pada roda belakang 
Ini juga yang penting dan harus benar-benar diperhatikan . Ketika baut atau mur as sudah longgar maka secara otomatis rantai jadi kendur hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan di jalan . Cobalah periksa secara rutin , jika salah satu baut sudah mulai longgar maka kencangkangkan dengan kunci inggris atau jika perlu diganti dengan yang baru. 
Nah selain tips-tips diatas , hal lainnya yang perlu dilakukan adalah pengecekan dan perawatan seluruh bagian motor mulai dari tali rem , ban , pelek dan bagian lainnya. 
Itulah beberapa tips merawat rantai motor agar awet yang bisa disampaikan , semoga bermanfaat ya. 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan