Tips menghilangkan rasa pahit pada sayuran Pare

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil buminya baik minyak , ikan , buah maupun sayuran yang dihasilkan pun sangat berkualitas , tak terlepas dari itu masih saja banyak masyarakat yang tidak memanfaatkannya dengan baik sehingga banyak timbul masalah sosial dan harapan hidupnya yang rendah.

Berbicara masalah sayuran yang memang tidak boleh dilewatkan setiap hari oleh kita karena asupan nutrisi bagi tubuh salah satunya adalah kontribusi dari sayuran , umumnya masyarakat kita banyak mengonsumsi sayuran yang mudah kita temukan seperti bayam , sawi,kol dan jenis sayuran lainnya . Tapi apakah anda pernah mencoba mengonsumsi sayuran yang terkenal dengan rasa pahitnya yang kuat tidak lain adalah Sayuran Pare angry. Tidak semua orang menyukai sayuran ini karena memiliki rasa pahit , tapi bagi orang terdahulu pare ini menjadi sayuran yang sering dikonsumsi .

Tahukah anda bahwa salah satu manfaat besar dari buah pare merupakan sumber yang paling bagus dari Vitamin C ( 100 gr Pare mengandung 84 mg atau sekitar 140 % dari RDI ). Vitamin C sendiri merupakan antioksidan alami yang mampu menjaga tubuh anda dari penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas maka dari itu disarakan untuk selalu mengosumsinya .

Berbicara masalah rasa pahit dari sayuran buah pare , ada salah satu tips dalam menghilangkan rasa pahitnya dan semoga tips ini membantu anda untuk bisa mengonsumsi pare dengan enak dan mudah , berikut ulasannya :

1. Menggunakan gula pasir

Salah satu yang bisa anda gunakan adalah gula pasir , belahlah pare menjadi 2-4 bagian sama ( atau potong kecil dan buang isinya ) kemudian taburkan gula pasir secara merata sekitar 5 sdm , setelah itu anda peras-peras sayuran pare tersebut hingga cairan di dalamnya keluar , bersihkan dengan air dingin bersih setelah itu anda bisa langsung memasaknya.

2. Garam

Cara menggunakan garam juga sama dengan penggunaan gula , potong-potong dan buang isinya kemudian taburkan garam secara merata kemudian diamkan sekitar 10-15 menit supaya cairan garamnya meresap , kemudian remas hingga air pare keluar kemudian cuci dan pare bisa dimasak tanpa rasa pahit.

3. Daun Jambu Biji

Cara yang terakhir adalah menggunakan daun jambu biji dan cara ini menjadi alternatif jika anda tridka memiliki garam atau gula , namun jika anda memiliki pohonnya kenapa tidak dimanfaatkan saja ya , cara pengaplikasiannya sangatlah mudah , cuci pare dan potong sesuai selera dan masukkan daun jambu biji berbarengan setelah itu rebus dengan air panas . Jika sudah terlihat layu kemudian angkat dan tiriskan , peras pare hingga teksturnya kesat dan pare pun bisa anda masak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menghilangakan rasa pahit pada sayuran buah pare , selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya !!!laugh

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan