Tips menghilangkan bau tanah pada ikan lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia saat karena rasanya yang sangat nikmat, ikan lele juga terkenal dengan kumisnya yang panjang sehingga tampak unik dan menyeramkan tapi dagingnya itu loh sangat enak.

Tapi pernahkan anda mengalami aroma tanah pada ikan lele, ? atau hanya sekedar mengonsumsinya saja, ? bagi orang yang teliti tentu mengonsumsi ikan lele harus diketahui terlebih dahulu kesegaran dan aromanya, aroma bau tanah pada ikan lele membuat cita rasanya akan berkurang walaupun sudah digoreng sekering mungkin.

Umumnya ikan lele menykaai habitat di air tawar yang penuh dengan lumpur maka dari itu sangat tidak heran bau tanah akan ada padanya, bukan hanya ikan lele saja , ikan lain pun akan juga mengalami hal serupa ketika kita masak . Hal tersebut karena air dan kotoran yang dihirup oleh ikan akan menempel pada isangnya bahkan ada yang tertelan ke jeroannya.

Untuk itu sangat dibutuhkan perlakuan yang mudah dalam menghilangkan bau tanah pada ikan lele agar ikan yang dimasak  gurih,enak dan tidak berbau , berikut tipsnya.

1. Penyayatan

Ketika ikan lele hendak dimasak  cobalah untuk selalu gunakan teknik menyayat yang benar yaitu dengan cara menyayatnya dari bagian belakang kepala sampai belakang ekornya mengikuti alur garis tulanngnya. Bukan hanya itu saja, menyayat dengan cara tersebut membantu penyerapan bumbu lebih cepat dan ikan lebih cepat crispy/kering ketika digoreng. ( menghemat waktu dan minyak bukan ).

2. Bersihkan jeroan dan perut ikan lele sebelum dibumbui sebersih mungkin, pasalanya jeroan tersebut bisa menjadi biang kerok bau tanah pada ikan.

3. Selain kedua tips mudah diatas, penggunaan bumbu yang tepat juga menjadi hal yang sangat penting . Salah satu bumbu andalan yang bisa anda manfaatkan adalah dengan menggunakan jahe,garam dan bawang putih yang dihaluskan kemudian balutlah atau merendamnya sekitar 30 menit pada ikan. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan bau tanah dan bau amis pada ikan khususnya ikan lele.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan