Tips Menggunakan Popok Yang Tepat Pada Bayi

Memiliki bayi pastilah bukan hal yang mudah karena kita harus memperhatikan seluruh kebutuhan bayi dari mulai makan hingga cara merawatnya. Seperti yang kita tahu bayi sering mengompol atau pun eek dengan jam yang berbeda dan belu bisa rutin seperti kita. Dan permasalahan bayi yang belum bisa bicara juga membuat kita kadang tak tahu kapan mereka ingin pipis atau pun buang air besar. Untuk itu banyak para orang tua yang menggunakan popok pada bayi mereka karena hal-hal tersebut. Tetapi terkadang kita sebagai orang tua tidak memperhatikan dengan benar cara menggunakan popok pada bayi dengan benar. Padahal seharusnya kita harus memperhatikan hal tersebut. Karena penggunaan popok pada bayi juga bisa menjadi bahaya. Untuk itu ada baiknya kita memperhatikan dengan benar penggunaan popok pada bayi berikut ini.

  1. Pilihlah Popok Yang Tepat

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah bagaimana anda bisa amemilih popok yang tepat pada bayi anda. Apalagi sekarang banyak popok yang tersedia dengan berbagai macam varian. Anda harus memilih popok dengan bahan yang bisa menyerap keringat agar anda bisa memberikan ruang popok pada bayi anda. Hal ini dikarenakan agar pantat bayi anda bisa bernafas dan tak terlalu tertekan. Selain memilih popok yang bisa menyerap keringat, anda juga harus memilih dengan benar ukuran yang tepat popok pada bayi anda. Ada baiknya anda memilih ukuran popok yang lebih besar agar bayi anda tidak mengalami lecet di bagian selangkangan. Karena jika popok anda terlalu ketat bisa membuat bayi anda lecet. Jika lecet sudah terjadi maka anda bisa memberikan minyak yang khusus untuk bayi seperti minyak telon agar lecet tak semakin parah. Dengan demikian, kita juga sekaligus menghindari ruam popok pada bayi kita.

  1. Sering Mengganti Popok Bayi Anda

Biasanya kebanyakan ibu merasa tenang jika bayi mereka sudah menggunakan popok dengan cenderung tak pernah mengecek apakah isi popok sudah penuh atau belum. Padahal kita seharusnya bisa mengecek sesering mungkin popok bayi yang sedang digunakan bayi kita. Hal ini dikarenakan jika kita tidak sering mengecek maka kita tidak akan pernah tahu apakah isi popok sudah penuh atau belum. Jika anda sudah mengetahui jika popok bayi anda sudah penuh atau bayi anda buang air besar maka anda sebaiknya langsung mengganti popok bayi anda sesegera mungkin. Karena jika tidak akan menyebabkan kuman bersarang dan menyebabkan penyakit.