Suatu usaha atau bisnis yang tidak mempunyai keunikan akan sulit untuk berkembang dan bersaing dengan kompetitor bisnis kita.Untuk itu kita harus mempunyai keunikan dalam usaha kita,apakah keunikan itu soal produk atau soal sistem yang kita miliki.Berikut beberapa tips menciptakan produk yang unik :

  1. Menciptakan Alasan Yang Masuk Akal

Pesan yang anda sampaikan ke calon konsumen harus masuk akal dan berhubungan.Pesan tersebut harus mencakup apa yang konsumen telah dengar dari competitor anda.Apa yang anda perlukan adalah suatu gambaran singkat dari persepsi,bukan suatu pemikiran yang mendalam.

  1. Menemukan Ide Pembeda

Menjadi berbeda adalah menjadi tidak sama.Menjadi unik adalah menjadi satu-satunya dari beberapa jenis yang ada.Carilah sesuatu yang memisahkan anda dari para competitor.Rahasia dari semua ini adalah pengertian bahwa keunikan yang anda buat tidak harus berhubungan dengan produk saja.

  1. Miliki Bukti

Untuk membangun argument yang logis untuk keunikan yang telah dibuat,anda harus memiliki bukti-bukti sebagai pendukung ide keunikan tersebut.

  1. Komunikasikan Perbedaan Anda

Anda tidak boleh menutupi keunikan yang anda miliki.Jika anda membuat produk yang berbeda,orang tidak akan secara merta membeli produk anda tanpa anda menjelaskan keunikan produk anda.