Tips Membeli Rumah Kpr

Bagi anda pasangan muda yang baru saja menikah atau yang sudah menikah lama namun belum juga memiliki rumah maka ada baiknya untuk membeli rumah secara kpr. Rumah kpr akan memudahkan anda yang tidak mempunyai dana berlebih.

Karena memang rumah kpr diperuntukan bagi kalangang mengengan ke bawah dengan sistem dicicil atau dikredit pembayaranya. Sehingga anda tak akan dipusingkan dengan pembayaran yang mahal. Hitung-hitung anda menabung rumah untuk masa depan anda dengan keluarga. Kredit pemilikan rumah atau kpr sendiri memang ada yang disediakan oleh pemerintah atau kpr sunsidi dan kpr non-subsidi yang sesuai dengan kebijakan bank. Apapun jenis kpr yang anda pilih memilki jenis tipe persyaratan yang sama. Agar anda bisa mempersiapkannya, anda bisa memperhatikan tips-tips berikut ini.

  • Persyaratan Dokumen Yang Diperlukan

Memang ada baiknya anda mendatangi langsung bank atau developer rumah yang menyediakan rumah kpr untuk mengetahui persyaratan yang diminta namun agar memudahkan anda, anda bisa mempersiapkannya terlebih dahulu. Yaitu diantaranya:

Ktp, kartu keluarga, npwp, laporan keuangan dari rekening koran, slip gaji anda, npwp. Itu merupakan dokumen yang pasti diminta namun untuk lebih jelasnya anda bisa menanyakan langsung.

  • Legalitas Developer

Jika anda memilih kpr non subsidi maka anda perlu memperhatikan hal ini. Agar anda tak tertipu nantinya. Karena banyak yang sudah membayar namun tak juga dibuatkan rumah. Untuk mengetahui legalitasnya anda bisa meminta curat izin untuk membuka usaha dan dokumen legalitas lainnya untuk membuka usaha. Selain itu juga anda lihat apakah pengembang atau developer sudah berbentuk Pt atau belum. Anda juga bisa mengetahuinya dari konsumen lainnya yang sudah pernah menaruh dana.

  • Pastikan Dengan Benar kebijakan Yang Diberikan

Ketika anda akan membeli rumah secara kpr selain persyaratan dokumen. Ada kebijakan lainnya yang diberikan oleh developer atau pengembang misalnya cara pembayaranya bagaimana kemudian sertifikat dan masalah biaya apa saja yang dibutuhkan. Anda pastikan cara pembayaran dan tanyakan dengan tepat bagaimana sistem yang diberikan jika anda menunggak dan sebagainya. Kemudian sertifikat rumah akan berbentuk apa dan berapa anda akan mendapatkannya. Anda juga harus perhatikan biaya lainnya diluar pembayaran ada atau tidak seperti biaya administrasi, atau biaya notaris dan lainnya ada atau tidak. Hal-hal tersebut harus anda perhatikan dengan benar agar lebih aman ketika membeli rumah kpr.