Tips Melindungi Smartphone anda biar tahan lama

Smartphone sudah menjadi alasan tersendiri untuk selalu anda miliki , walaupun kita tahu tidak semuanya mempunyai gadget yang pintar ini , meskipun ada hanya kalangan tertentu yang bisa memilikinya. Dengan hadirnya gadget seperti ini mendorong orang untuk selalu mobile karena ragam faitur yang diberikannya sangat membantu bagi kita semua seperti bersosial media ( facebook,Twitter,Instagram ) , Gaya ataupun untuk mendengarkan musik.

Gadget smartphone baik ios , android ataupun windows phone sama halnya dengan barang elektronik lainnya sehingga dibutuhkan perawatan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh anda sendiri / human eror . Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips sederhana dalam merawat smartphone agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Perangkat Keras ( Hardware )

Sebuah smartphone akan terasa nyaman digunakan jika perangkat dasarnya seperti kamera , baterai,layar , speaker,layar sentuh dan tombol navigasinya tidak ada masalah , untuk itu kamu dituntut untuk selalu mencegah terjadinya hal yang tidak kamu inginkan . Perhatiakan ini :

  • Gunakan antigores , smartphone identik dengan layar sentuhnya bukan , cobalah untuk melindunginya gunakan antigores yang bagus , banyak kok dipasaran bisa anda temukan. Sebagai saran saya gunakanlah antigores seperti Glare , Ultra Clear dan Tempered Glass . Kesemua anti gores ini akan melindungi handphone anda dari kerusakan/goresan yang diakibatkan debu,kotoran atau terkena benda tajam seperti pisau. Namun jika anda memiliki uang yang sedikit banyak disarankan untuk menggunakan antigores Tempered Glass karena antigores ini menyerupai kaca oleophobic coating.
  • Hindari penggunaan smartphone ketika ditempat-tempat tertentu seperti kamar mandi,pantai atau kolam renang . Hal ini dikhawatirkan ponsel anda terjatuh terutama jika anda menggunakan smartphone yang tidak tahan air.
  • Simpanlah ditempat aman yang jauh dari senggolan orang . Biasanya kita tidak memikirkan hal seperti ini padahal ini penting ketika ada anggota keluarga atau orang lewat tidak mengenai gadget keren anda sehingga terhindar dari jatuh.
  • Gunakan sarung pelindung/casing untuk perlindungan tambahan.
  • Aturlah level suara ketika anda menyetel musik supaya speakernya bisa awet.
  • Hindari kamera dan layar sentuh dari paparan sinar matahari karena akan merusak elemen didalamnya.
  • Bersihkan secara rutin kamera smartphone anda supaya terbebas dari kotoran yang akan mengakibatkan kerusakan berupa menjadi blur atau tergores.

Perangkat Lunak ( Software )

  • Jangan mengunnduh aplikasi sembarangan karena siapa tahu aplikasi yang anda untuk justru akan menyebarkan virus atau malware/trojan.
  • Pasang antivirus yang bagus , banyak aplikasi antivirus android kok yang bisa didownload secara gratis di playstore.
  • Hindari pemasangan aplikasi dalam jumlah banyak karena akan mempengaruhi kinerja gadget anda seperti lemot dan eror.
  • Hindari perbaikan sendiri, jika terjadi masalah dengan ponsel kamu cobalah perbaiki ke bengkel resmi vendor ponsel anda.

Lainnya

  • Jangan menyimpan ponsel di tempat sembarangan , dikhawatirkan ada yang maling atau merusak yang tidak bertanggung jawab.
  • Gunakan aplikasi pengendali jarak jauh ( anti maling ) terlebih jika dalam ponsel anda terdapat banyak data-data penting maka anda wajib memiliki aplikasi antimaling tersebut dan bisa anda dapatkan di playstore ( gak gratis ).
  • Hindari meletakkan gadget android dari radiasi magnet , suhu tinggi dan listrik.

Itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan dalam merawat dan melindungi smartphone anda supaya tidak cepat rusak dan awet, semoga bermanfaat dan jika bermanfaat jangan lupa share ke teman kamu yang lain ,,,

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan