Tips melakukan perjalanan wisata

Berwisata merupakan kegiatan yang mengasyikan dengan kegiatan tersebut kita bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan di rumah atau di tempat bekerja. Banyak diantara kita melakukan traveling ke hutan untuk melakukan pendakian , wisata pantai ataupun wisata lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan berikan berupa tips melakukan perjalanan wisata yang bisa anda lakukan dengan mudah. Berikut tipsnya :

 

Mengecek kebenaran informasi di lapangan

Umumnya kita mengetahui sebuah tempat wisata karena memang dekat dengan rumah atau hanya mengetahui langsung di Internet , namun kalau masih dirasa diragukan atau belum yakin tempat wisata tersebut maka sebaiknya anda sebelum melakukan perjalanan wisata mengecek kelapangan tentang infromasi yang anda dapatkan.Dengan cara ini anda lebih yakin dan menjadi fokus tempat yang akan di tuju. Bahkan untuk menyewa peralatan traveling ketika dibutuhkan dan vila di sekitar tempat wisata.

Mematuhi peraturan

Pastikan anda selalu mematuhi peraturan yang berlaku meliputi ketentuan memasuki kawasan hutan , cagar alam , suaka margasatwa . perkemahan , daerah terbuka secara bebas untuk umum dan bentuk peraturan lainnya.

Hormati adat istiadat

Hormatilah adat istiadat dan kepercayaan di tempat tersebut , karena kita tahu bahwa adat istiada setiap wialayah akan berbeda.

Sikap

Bersikap ramah-taman serta jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang tidak dipahami kepada masyarakat setempat atau kepala suku.

Hati-hati

Berhati-hati dalam perjalanan wisata selama menikmati objek wisata tersebut.

Menjaga kelestarian lingkungan

Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan , tidak merusak alam demi kelestarian lingkungan alam kita.

Catatan

Buatlah sebuah catatan baik dalam bentuk bukuĀ  atau blog yang berguna untuk menganalisa dan mengevaluasi keberhasilan perjalanan yang anda lakukan.

Lama perjalanan

Jangan lupa untuk selalu menentukan lama acar selama perjalanan didaerah tujuan wisata. Hal ini membuat kita lebih fokus dan bisa menyesuaikan biaya yang akan dikeluarkan.

Perlengkapan

Menentukan perlengkapan dan peralan wisata serta bekal lainnya yang akan dibawa , sebagai contoh barang-barang yang diperlukan ketika liburan pantai.

Pemanfaat waktu

Merencanakan pemanfaat waktu yang akan digunakan didaerah tujuan wisata.

Menghitung dan mengatur biaya yang diperlukan , mulai berangkatĀ  dari rumah ,saat wisata dan kembali kerumah , jangan lupa juga untuk membawa bekal cadangan untuk berjaga-jaga.

Kenali motivasi dan tujuan anda berwisata.

Sebelum anda melakukan perjalanan wisata baik lokal ataupun wisata keluar negeri , kenali terlebih dahulu motivasi dan tujuan anda melakukan wisata seperti.

  • Untuk rekreasi
  • Memperoleh pengalaman dan pengetahuan
  • Memahami seni dan budaya sebuah daerah
  • Berpartisipasi atau menyaksikan peristiwa olahraga ( sekolah , organisasi,kelompok)
  • Berwisata sambil menyelesaikan urusan usaha
  • Berwisata untuk menghadiri sebuah pertemuan , seminar atau konferensi
  • Wisata Ziarah / Religi
  • Tujuan pengobatan ke sebuah daerah
  • Berwisata sambil menunjungi orang tua , sanak saudara atau teman.

Itulah beberapa tips dalam melakukan perjalanan wisata , semoga bermanfaat ya.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan