Tips aman belanja online

Di era modern ini banyak kemudahan dalam gaya hidup karena ditopangnya oleh teknologi yang canggi sehingga berbagai transaksi pun bisa dilakukan dengan online yang hanya perlu transaksi via internet dan depan layar laptop ataupun smartphone.Akan tetapi bagi masyarakat Indonesia sendiri belanja online masih banyak menyisakan rasa takut,curiga bahkan ragu untuk memilih online shop yang bisa memuaskan. Sehingga menjadi tantang sendiri untuk sebuah Brand mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat.

Bagi anda yang hendak belanja Online , setidaknya tips ini semoga membantu biar aman dan tidak kena tipu.

1. Memastikan Brand yang akan dipilih

Saat ini sudah banyak banget toko online yang menawarkan barang-barang kebutuhan anda dan melakukan banyak promosi dimedia-media cetak ataupun elektronik hal ini ditujukan supaya masyarakat cenderung mengetahui keberadaan online shop tersebut. BUkan berarti memojokan toko online yang kurang promosi setidaknya anda jika telah mengetahui suatu brand maka dipastikan anda percaya dan memutuskan untuk melakukan transaksi. Terlebih jika brand tersebut melakukan promosi via Tv , mereka mengeluarkan biaya dan data perusahaan yang Valid sebelum iklan itu dipublikasikan.

Jika masih kurang meyakinkan pula , cobalah untuk melakukan tracking online melalui penarian di Google atau mesin pencari lainnya , biasanya banyak testiomoni yang mengulas sebuah toko apakah mengecewakan atau tidak terutama di situs-situs forum Indonesia seperti Kaskus dan detik forum.

2. Bacalah syarat dan ketentuannya

Pada dasarnnya , sebuah toko online harus mencantumkan syarat dan ketentuan masing-masing hal ini ditujukan agar mereka lebih aware lagi terhadap kepuasan dan keamanan bertransaksi. Bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan yang dibuat brand tersebut. Jangan lupa pula untuk memastikan kontak brand tersebut seperti alamat asli,alamat email atau nomor hp adalah benar dan nyata . Ketika ada keluhan anda bisa menghubunginya dengan mudah.

3. Harga

Jangan sampai tergiur dengan harga yang jauh dari pasaran alias super murah , hal ini bisa saja diindikasikan sebagai bentuk penipuan. Sebelum membeli barang cobalah untuk melakukan riset dan survei terhadap barang yang akan dibeli, jika harganya memang tidak masuk akal maka anda harus berfikir dua kali terlelbih dahulu.

4. Garansi

Sebelum membeli, cobalah untuk menanyakan apakah pembelian dengan harga seperti itu termasuk garansi barang atau tidak, hal ini sangat diperlukan jika suatu saat barang anda belum lama udah rusak. Umumnya garansi sebuah produk baik gadget atau jenis lainnya adalah 6 bulan sampai 1 tahun.

5. Pengiriman

Pengiriman juga harus anda perhatikan , cobalah untuk meminta resi atau bukti pengiriman untuk memastikan produk sampai kepada anda dalam bentuk barang utuh dan tidak rusak.

6. Cek alamat dan rekening

Apakah anda sudah menemukan barang yang diinginkan ? jika iya kirimkan alamat lengkap anda . Cek berkali-kali apakah alamat yang anda kirim sesuai atau tidak dan apakah bisa dijangkau ekspedisi . Cantumkan pula nomor telepon yang bisa dihubungi , trasnfer uang sesuai jumlah yang diminta sesuai jumlah harga belu ke rekening penjual , jangan lupa pula untuk menscan atau memfoto bukti pembayaran untuk memastikan uang tersebut sudah anda transfer.

Tambahan :

Jika anda ingin aman belanja online alias biar gak tertipu jika barang yang diinginkan tersedia di pasar/toko yang dekat dengan rumah mungkin ini jalan untuk belanja aman. Karena kita secara langsung mengetahui kualitas , harga dan penjual barang tersebut.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan