Tips Agar Tidur Anda Nyenyak Dan Nyaman

tidur nyenyak

Tidur delapan jam sehari merupakan keharusan yang harus setiap individu lakukan agar tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara untuk membuat tubu lebih bugar dan sehat selain berolahraga. Namun ada sebagian orang yang susah tidur karena aktivitas yang dilakukan sering dilakukan hingga larut malam dan akhirnya menyebabkan seseorang insomnia. Insomnia adalah sebuah gejala yang menyebabkan seseorang sulit tidur di malam hari. Mungkin banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat cepat tidur yaitu dengan meminum obat tidur. Namun hal tersebut sebenarnya dapat sangat membahayakan. Maka dari itu and bisa mencoba hal berikut ini agar anda bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman.

  1. Makanlah Sebelum Tidur

Banyak orang yang berpendapat bahwa jika perut kenyang maka tidur pun pulas. Ternyata hal tersebut benar adanya. Jika perut kita kososng maka rasa lapar akan sangat mengganggu kenyamanan tidur kita dan membuat kita untuk sulit tidur. Maka makanlah sesuatu sebelum tidur misalnya cemilan. Tetapi hindarilah cemilan yang mengandung msg, anda bisa memakan buah sebagai cemilan sebelum tidur. Lakukan hal ini 40 menit sebelum tidur. Banyaknya juga penelitian yang membuktikkan bahwa dengan makan makanan ringan sebelum tidur dapat membuta tidur cepat dan nyenyak.

  1. Jangan berolahraga sebelum waktu tidur

Jika anda beranggapan bahwa dengan berolahraga di malam hari sebelum tidur dapat membuat tubuh lelah dan mengantuk maka anggapan itu salah besar. Berolahraga sebelum tidur justru akan membuat anda sulit tidur karena dengan berolahraga organ-organ akan terpacu menjadi lebih aktif dan menyebabkan anda sulit tidur. Organ seperti jantung dan otak akan terstimulus untuk bekerja secara aktif  jika ketika berolahraga. Dan jika hal itu dilakukan sebelum tidur maka butuh waktu untuk organ menjadi dingin atau bekerja secara biasa. Hal inilah yang membuat anda sulit tidur.

  1. Buatlah Posisi Tidur Berbeda

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk membuat tidur anda nyenyak adalah dengan mengubah posisi tidur anda. mungkin yang biasanya anda tidur menghadap ke kanan anda bisa ganti menghadap ke kiri. Lakukan sampai anda menemukan posisi yang nyaman yang dapat membuat tidur anda lebih cepat dan nyaman. Karena mungkin saja anda mengalami kebosanan dengan posisi tidur yang monoton. Menurut beberapa penelitian pun dengan mengubah posisi tidur dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih maksimal. Maka cobalah untuk mengubah posisi tidur anda ya.

  1. Lakukan Ritual Yang Cocok Sebelum Tidur

Banyak cara yang berbeda yang dapat dilakukan untuk membuat anda tertidur. Carilah cara yang sesuai yang dapat membuat anda tidur lebih cepat dan nyaman misalnya membaca buku. Ada beberapa orang dengan memebaca buku dapat membuat ngantuk. Cara lain seperti mendengarkan musik, menonton Tv atau meditasi juga dapat anda coba di rumah. Kira-kira ritual yang mana yang dapat membuat anda tisur dengan nyaman. Ada sebagian orang yang melakukan ritual yang berbeda setiap harinya agar tidur lebih cepat dan nyaman.

  1. Jaga Emosi Anda Ketika Akan Tidur

Menurut beberapa penelitian salah satu hal yang menyebabkan seseorang susah tidur adalah emosi yang tidak stabil. Mungkin ada banyak hal yang anda pikirkan yang membuat anda sulit tidur misalnya ada hal yang membuat anda marah. Maka jika anda sedang dalam kondisi emosi yang tak stabil, redamkan dulu emosi anda agar anda tidak sulit tidur. Anda bisa meredamkan emosi anda dengan mencoba ritual yang tepat untuk menghilangkan masalah yang membuat emosi anda naik misalnya mendengarkan music dan lain-lain. Hal ini karena ketenangan merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur kita.