Tips Agar Tidak Cepat Lupa atau Pikun

stress kdrt

Gejala pikun sebenarnya adalah gejala yang sering terjadi untuk orang yang sudah tua namun karena asupan makanan yang tidak sehat kadang menyebabkan usia muda pun bisa terserang pikun. Apakah anda sering mengalami hal ini? Jika ya maka anda harus mewaspadai hal taersebut. Daya ingat yang berkurang padahal usia kita masih muda salah satunya karena makanan sehari-hari yang kita konsumsi. Maka dari ada baiknya kita mencegah hal ini tidak terjadi. Hal ini juga dapat membuat kita tidak pikun jika usia kita sudah tua. Anda bisa memperhatikan hal berikut ini yang dapat melatih anda agar tidak cepat lupa atau pikun.

  1. Minum Air Putih

Cara yang paling mudah untuk mengendalikan lupa adalah dengan meminum air putih secukupnya. Anjuran yang disarankan dokter adalah meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari agar lebih optimal untuk tubuh. Manfaat air putih yang akan di dapat oleh tubuh dalam hal mengendalikan lupa adalah organ tubuh seperti jantung, otak dan lainnya akan  bekerja lebih maksimal. Dan meminum air putih pun tidak langsung 3 gelas misalkan diminum dalam sekali minum namun dengan diselang beberapa jam. Ada baiknya meminum air putih sebelum makan kemudian setelah makan atau sebelum tidur dan sehabis berolahraga.

  1. Mengasah Otak

Cara  selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mencegah cepat lupa adalah dengna memperkerjakan otak . salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan melatih otak anda dengna mengisi teka-teki silang atau dengan bermain permainan yang menggunakan kata seperti scrabble. Kemudian cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk mencegah cepat lupa adalah dengna melakukan senam otak yaitu dengna banyak mengingat sesuatu seperti mengingat wakil presiden yang pernah menjabat di Indonesia atau mengingat teman lama anda saat sekolah dulu. Intinya adalah usahakan otak anda untuk mengingat sesuatu.

  1. Memakan makanan yang bagus untuk otak

Cara yang ketiga adalah cara wajib anda lakukan karena berkaitan dengna nutrisi yang baik untuk otak anda. jika otak sudah ternutrisi dengan baik maka otak pun akan bekerja lebih optimal dan akan mencegah anda untuk lupa. Banyak makanan yang baik untuk otak anda seperti buah pisang, buat bit, brokoli dan blueberry. Anda bisa mengkonsumsi buah tersebut setiap hari sebagai cemilan daripada mengemil makanan ringan yang banyak mengandung MSG yang dapat membuat otak anda menjadi lemah.  Hindarilah makanan yang mengandung MSG karena sangat buruk untuk otak anda karena otak akan bekerja begitu lambat.

  1. Membuat Otak Rileks

Cara yang terakhir yang dapat anda lakukan untuk mencegah cepat lupa adalah dengan membuat otak anda rileks. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan segala hal yang anda sukai misalnya anda suka menyanyi maka anda bisa karokean bersama teman atau misalnya anda suka berlibur maka sempatkanlah untuk berlibur di akhir pekan. Dengan membuat otak anda rileks maka akan membantu otak anda untu beristirahat setelah dipaksa untuk berpikir terlalu keras. Dan ada cara yang mudah sebenarnya yang dapat membuat otak anda rileks yaitu dengan tidur yang cukup. Keajaiban dari tidur bagi otak sangat luar biasa karena otak dapat meregenerasi setelah tidur. Oleh karena itu ketika bangun otak menjadi lebih segar dan dapat berpikur secara jernih.