10 Tips mudah dapatkan tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari

Mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari merupakan hal yang pokok bagi kita karena menyangkut kesehatan tubuh juga .

Kalau kita tidur terlalu malam maka di pagi harinya akan terasa kurang bergairah , lemas dan bahkan pusing . Untuk itu saya akan share pengalaman dalam mendapatkan tidur yang nyenyak , semoga berguna ya.

1. Berolahraga

Pokok dari kesehatan selain makanan yang bergizi adalah dengan berolahraga . Olah raga membantu sirkulasi darah kita lancar dan otot-otot terasa tidak kaku . Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak pastikan bahwa anda olah raga di siang harinya , tidak terlalu berat , berkeringat walaupun sedikit sudah cukup kok !!!.

2. Hilangkan stress

Semua orang pasti mengalami masalah inilah itulah , kebanyakan stress membuat tidur kita jadi susah , kefikiran dan akhirnya larut malam pun belum tidur juga .

Maka hilangkan stress anda sebisa mungkin ataupun menguranginya .

3. Siapkan tempat tidur yang bagus

Bagus disini bukan berarti harus menggunakan bantal dan selimut yang mahal tetapi harus bersih , tidak bau dan udaranya yang nyaman.

4. Jangan biarkan perut anda demo

Kalau kita sedang lapar pasti akan susah tidur , yang ada rasanya ada yang nendang-nendang dalam perut . Setidaknya sejam sebelum anda tidur isi perut dulu dengan makanan.

5. Simpan jauh-jauh gadget dan ambil selimut

Kayaknya sudah menjadi kebiasaan kalau gadget tidak bisa dilepaskan dari berbagai aktifitas termasuk tidur. Memang sih rasanya menyenangkan apalagi saat santai sambil chatingan sama pacar …hmmm sampai sebelum tidur pun kadang kita terus chatingan sambil guling-guling.

Memang sih rasa senang harus kita dapatkan tiap hari namun jika tidur kita terganggu sebaiknya tutup dulu deh gadgetnya , simpan di dalam laci , matikan gadget , ambil selimut dan tidur deh sampai mimpi indah …hmmmm enak.

6. Jangan gunakan baju yang ketat

Pakailah baju khusus tidur ya , menggunakan baju yang ketat akan membaut tubuh kita tidak bisa bergerak secara bebas , otot tidak relaks dan pas bangun paginya malah gak enak badan . Kalau saya sih tidak pake baju ataupun celana sebelum tidur , cukup gunakan selimut saja dan hasilnya tidur terasa enak bahkan bangun paginya pun fit banget..bagaimana , mau mencoba ?? Tapi ingat jangan telanjang bulat ya…..

7. Redupkan lampu atau matikan

Terlalu terang di ruangan kamar tidak enak juga untuk tidur , tampak mata terasa silau dan tidak nyaman . Untuk itu kita bisa menyiasatinya dengan mematikan  lampu kamar atau kalau takut sama gelap kita bisa menggunakan lampu redup .

8. Jangan lupa cuci muka terlebih dahulu

Supaya kulit wajah kita tetap bersih dan segar maka lakukan kebiasaan sebelum tidur yaitu dengan mencuci muka menggunakan air dingin , syukur-syukur kalau kita berwudhu . Selain sehat , dengan berwudhu juga insya Allah dapat pahala …mau pilih yang mana ????

O, iya , jangan lupa pula menggosok gigi supaya tidak kuning dan bau …heheh

9. Gunakan waktu normal

Kata medis tidur terlalu lama tidak baik untuk kesehatan , begitupun terlalu sedikit . Kita pilih jalan pintasnya saja , biasakan lama tidur kita sekitar 7-8 jam tiap harinya supaya tidak terjadi masalah pada tubuh kita . Apalagi kalau anda seorang pelajar , habis sholat isya langsung belajar dan setelahnya langsung tidur jangan banyak begadang ….hehe

10. Berdoa

Supaya tidur kita nyaman jangan lupa pula baca doa terlebih dahulu supaya dijauhkan dari bahaya dari mana saja .

Itulah sedikit Tips mudah dapatkan tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari .

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan