Tempat wisata monumen di Jakarta yang wajib anda kunjungi

Pada artikel sebelumnya saya telah ulas tentang wisata museum di Jakarta namun pada artikel kali ini saya akan share tentang wisata monumen di Jakarta.

1. Tugu Monas ( Monumen Nasional )
Gambar tugu monas jakarta
Mulai di bangun pada 17 Agustus 1961 dan selesai pada 12 Juli 1975 atas prakarsa presiden Soekarno .
Monas dibangun setinggi 132 meter yang melambangkan identitas , sejarah dan cita-cita bangsa Indonesia. Tugu ini juga dibangun untuk mengenang dan menandai kebesaran perjuangan kemerdekaan Indonesia serta menimbulkan inspirasi bagi generasi sekarang dan generasi penerus bangsa di masa mendatang dalam mengisi kemerdekaan.
Bentuk lidah api yang berada di puncaknya melambangkan kobaran semangat juang rakyat Indonesia untuk lebih berdaulat dan tetap berdiri kokoh. Nyala api kemerdekaan berbentuk kerucut dengan tinggi sekitar 14 meter dan diameter 6 meter yang terbuat dari emas seberat 35 kg .
Diruang museum sejarah , jenderal-jenderal pada keempat dindingnya menggambarkan sejarah perjuangan bangsa dalam bentuk 48 buah diorama salah satunya adalah diorama Proklamasi kemerdekaan dan diorama kesaktian pancasila.
Monas ini dapat dikunjungi setiap hari pada 08:00 sampai 15:00 kecuali pada hari senin pekan terakhir monumen ini ditutup untuk umum.

2. Monumen Pahlawan Proklamasi Soekarno Hatta
Monumen pahlawan proklamasi soekarno hatta jakarta
Berada di Jalan Proklamasi No.56 , kadang ada yang menyebutnya dengan Tugu Proklamasi.
Patung Bung Karno dan Bung Hatta terbuat dari perunggu seberat 1200 kg , tingginya 4,60 meter yang menggambarkan wajah bung karno ketika berusia 46 tahun dan bung hatta 43 tahun yang mirip pada pembacaan naskah proklamasi . Ditengah patung keduanya terdapat tugu naskah proklamasi yang terbuat dari marmer hitam lengkap dengan gaya tulisan aslinya .
Anda dapat mengunjungi tempat ini setiap hari tanpa dipungut biaya.

3. Monumen Pancasila Sakti
Foto monumen pancasila sakti jakarta
Terletak di Lubang Buaya Pondok Gede berdekatan dengan Taman Mini Indonesia Indah yang dibangun diatas tanah seluas 14,6 Ha .
Monumen ini dibuat dengan tujuan mengingat jasa perjuangan para pahlawan revolusi yang mempertahankan kedaulatan dan ideologi bangsa dari faham komunis.
Di areal ini terdapat sumur bercumbung 7 ( tujuh ) orang pahlawan revolusi yang dibantai secara tragis oleh kaum komunis pada tanggal 30 September 1965 yang dikenal dengan gerakan G30S PKI.
Nama pahlawan revolusi yang dibantai di Monumen Pancasila Sakti ini diantaranya adalah :
1.Letjen TNI Ahmad Yani
2.Mayjen TNIR. Suprapto
3.Mayjen TNIM.T. Haryono
4.Mayjen TNI Siswondo Parman
5.Brigjen TNI DI Panjaitan
6. Brigjen TNI Sutoyo SiswomiharjoJenderal
TNI A.H. Nasution juga disebut sebagai salah seorang target namun dia selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Sebaliknya, putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan ajudan AH Nasution, LettuPierre Tendean tewas dalam usaha pembunuhan tersebut.
Selain menjadi tempat wisata sejarah , objek ini juga merupakan salah satu tempat paling angker di Indonesia.

Punya cerita menarik saat wisata ke sana ? Share donk di kolom komentarnya ya…hehehe

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan