Saat ini saya sudah berada di kelas 12 selama 3 bulan. Harusnya ketika sudah di kelas 12, semangat belajar saya harus lebih ditingkatkan. Saya tidak boleh lagi main-main dalam belajar dan harus lebih serius. Saat ini, saya sudah berjanji akan memulainya dengan mempelajari ulang pelajaran dari kelas 10 dengan rangkuman-rangkuman yang ada. 

Saat akan melakukan hal ini, saya terkendala di matematika, mengapa demikian? Karena saya pada dasarnya kurang suka dengan matematika, maka catatan pribadi saya di pelajaran ini sangat kurang. Saya membutuhkan tambahan materi untuk melengkapi ringkasan saya.

Apa yang kurang lengkap di ringkasan saya? Rumus-rumus matematika serta latihan soal untuk pengujian rumus juga kurang. Maka dari itu, saya ingin mencari sebuah sumber belajar yang menyajikan rumus matematika lengkap

Akhirnya saya membuka lagi buku lama saya, buku matematika kelas 10. Setelah dilihat, rasanya kurang efisien karena kadang buku pun menurut saya terlalu bertele-bertele. Dan ketika memberikan contoh soal, contoh soalnya diberikan yang sangat mudah. Dari situ saya menyimpulkan, membuka buku kembali bukan solusi. 

Saya mencari-cari di internet tentang materi matematika yang saya pelajari dan rumus-rumus matematika lengkap. Bahkan saya sampai menonton video-video latihan soal matematika di youtube. Ketika sedang menonton video materi di youtube, terdapat iklan tentang Ruangguru. Saat itu, saya hanya sekedar mengetahui kalau Ruangguru tersebut adalah bimbel online, tapi saya belum pernah mencoba download. 

Dua hari kemudian saya sudah mencari dan mendapatkan informasi tentang Ruangguru. Ternyata kita bisa berlangganan Ruangguru, di mana nantinya kita bisa belajar di Ruangbelajar di aplikasi Ruangguru. Ruangbelajar ini memberikan banyak materi yang disesuaikan dengan kelas dan jurusannya.

Saya langsung berlangganan Ruangbelajar ini karena menurut saya ini sangat berguna. Apalagi untuk saya yang kurang suka belajar dengan situasi ramai seperti di bimbel konvensional. Saya lebih suka mengutak-atik soal dan materi sendirian.

Selain itu saya juga termasuk anak yang malas untuk keluar rumah jika bukan untuk sekolah atau pergi dengan keluarga. Teman saya sampai saat ini pun sedikit. Karena itu, saya lebih suka jika konsep belajarnya online sendiri seperti ini. 

Dari segi materi, di Ruangbelajar ini materi sangat disajikan secara lengkap namun ringkas. Karena saya fokus mencari tambahan materi untuk matematika maka aplikasi ini lah yang saya cari. Di sana, materi tentang matematika sangat rinci dari berbagai sub materi, rumus matematika lengkap dan latihan soalnya sangat variatif. Materi ini dikemas oleh Ruangguru dalam bentuk infografis. Hal ini membuat kita lebih cepat mengerti tentang materi tersebut dan kita tidak cepat bosan dalam belajar. 

Agar tidak bosan, Ruangguru bukan hanya menyajikan materi dalam bentuk infografis, melainkan juga dalam bentuk video animasi yang berdurasi tidak terlalu panjang hanya sekitar 10-15 menit. Ketika sebelumnya saya harus membuka youtube terlebih dahulu untuk menonton video yang berisikan materi-materi. Saat ini tidak perlu, karena saya cukup dengan satu aplikasi saja. Ruangguru membuat semua yang saya inginkan untuk menunjang pembalajaran saya tersedia dengan baik.