Sudah setahun lebih aku menganggur , kenapa susah dapat kerja ?

Sudah rada lama saya tidak posting di blog ini nih karena beberapa kegiatan di rumah dan lagi bad mood jadinya blog mungil ini terbengkalai.

kenapa susah mendapatkan pekerjaan

Walaupun demikian saya yakin anda juga merasakan hal yang sama apalagi kondisi keuangan lagi lesu dan mencari peluang kerja begitu susahnya hingga menyebabkan depresi tingkat tinggi .

Setelah setahun lebih sudah aku tidak bekerja jauh beda dibandingkan dengan  tahun-tahun sebelumnya dimana siang malam banting tulang buat tabungan masa depan dan menyisihkan beberapa rupiah buat ortu .

Okelah kita anggap semuanya sudah berlalu , ditengah luangnya waktu aku sedikit memberanikan diri untuk introspeksi setahun ini kenapa lamaran pekerjaan ke sana kemari begitu susahnya dapat kesempatan interview , kesal memang tapi ya sebagai manusia normal aku harus percaya bahwa keadaan ini tidak selamanya demikian .

Sekedar share pengalaman saja , beberapa poin berikut mungkin bisa menjadi penyebab kenapa kita sulit mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan .

Mungkin kriteria kita tidak cocok dengan lowongan kerja .

Perusahaan memberikan kesempatan karir berarti sedang membutuhkan kandidat yang bisa bertanggung jawab pada bidang yang harus diemban . Daya serap perusahaan pada pelamar memang sangat kecil sedangkan jumlah pelamar sangat banyak , akibatnya persaingan kita di mata ( calon ) atasan sangat ketat pula .

Apalagi jika perusahaan yang mensyaratkan pendidikan yang lebih tinggi sedangkan kita lebih rendah maka mereka akan mengutamakan pada pelamar yang berpendidikan tinggi seperti sarjana atau magister . Maka dari itu sebelum melamar kerja langkah yang paling tepat adalah mengetahui terlebih dahulu persyaratannya . Jangan sampai lamaran kita di lempar jauh-jauh oleh mereka .

Apakah skill anda bagus dan bisa dipertanggung jawabkan ?

Kaitannya dengan poin di atas , perusahaan juga membutuhkan pada kandidat yang mempunyai skill pada bidang tertentu , syukur-syukur punya banyak skill mereka akan dengan mudah menjadikan anda sebagai kandidatnya .

Jika anda tidak mempunyai skill maka jangan berharap dapat pekerjaan ( termasuk saya ).

Menunda-nunda waktu

Hasil analisa pribadi dalam susahnya dapat pekerjaan adalah selalu menunda-nunda waktu luang kita . Umumnya kelakuan seperti ini pada anak muda yang belum punya tanggungan apa-apa , beda halnya dengan yang sudah berumah tangga menunda waktu akan jadi masalah buat esoknya .

Kita jangan kalah sama mereka yang giat berusaha , saatnya kita tunjukan bahwa kita bisa  !!!.

Berdoa dan berusaha itu modalnya

Semua tidak akan terjadi jika kita hanya mengandalkan doa saja . Begitu pun sebaliknya hanya mengandalkan kerja keras tanpa diiringi doa .

Kita harus sejalan dan seimbang antara doa dan berusaha , disaat kesempatan itu tidak jadi milik anda maka kita harus mencari peluang lain .

Yang jadi pedoman saya adalah ” Allah tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang tersebut merubahnya ” .

Mungkin anda jarang bertemu teman atau kerabat.

Teman ataupun kerabat bisa menjadi jembatan karir kita dan disinilah betapa pentingnya mempunyai sahabat dan kerabat yang baik .

Kalau kita miss komunikasi maka peluang informasi lowongan kerja sangat kecil , yuk segera hubungi teman anda baik lewat telpon ataupun chat.

CV anda asal-asalan dan tidak menarik

Salah satu penialain rekruiter adalah melihat cv yang menarik dan unik . Jika anda membuat cv alakadarnya jangan harap dapat kesempatan interview belum lagi jika salah ketik hmmm bisa jadi bumerang .

Kasus tersebut umumnya dilakukan pelamar via online baik email ataupun situs loker yang hanya membutuhkan beberapa klik saja untuk mengirim banyak lamaran . Ketergantungan pada situs loker yang mempunyai sistem cv online dapat dinyatakan sebagai orang yang kurang kreatif dan tidak professional .

Kenapa anda tidak membuat cv hasil karya sendiri yang lebih unik dan menarik ??? Silakan jawab sendiri ya dan lakukan dari sekarang !!!!

 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..