Setia dan Berkomitmen Jadi Modal Utama LDR

Hubungan yang harmonis adalah idaman setiap pasutri. Kebahagiaan pasutri makin sempurna apabila pasutri bisa selalu bersama. Namun, kehidupan tidak selamanya berjalan seperti yang kita mau. Salah satunya adalah pasangan harus berpisah tempat tinggal karena menyangkut tanggung jawab pekerjaan. Lalu bagaimana mempertahankan hubungan tetap harmonis dan bahagia, meski menjalani long distance relationship (LDR)?

Menjalani hubungan jarak jauh antara pasutri atau biasa disebut long distance relationship (LDR) merupakan hal yang tidak mudah. Ada yang bisa bertahan, ada juga yang harus mengakhiri bahtera rumah tangga. Memang mempertahankan hubungan LDR membutuhkan keinginan dan komitmen kedua belah pihak agar hubungan bisa bertahan hingga maut memisahkan.

Mengapa LDR? Alasan yang sering diungkap oleh pasangan LDR adalah melanjutkan pendidikan dan pekerjaan yang membuat keduanya menjalani hubungan jarak jauh. Banyak penyebab mengapa suami istri ini menjalani hubungan jarak jauh. Bisa karena melanjutkan pendidikan di luar negeri atau bisa jadi si suami ada dinas yang tidak bisa mengajak keluarga untuk ikut.

Jauh atau dekatnya keberadaan pasangan suami istri itu akan berjalan dengan baik tergantung komitmen di awal pernikahan. Ingat bahwa pangkal untuk menjalani sebuah hubungan adalah komitmen. Kalau di awal komitmennya tidak baik maka ke bawah juga semakin tidak baik.

Niat awal menikah juga menjadi tolak ukur untuk menjalani hubungan jarak jauh. Itu semua tergantung niat awal kita menikah. Niat menikah yang baik adalah menikah untuk yang pertama dan terakhir. Tapi ternyata, niat itu tidak cukup tanpa ada usaha untuk melanggengkan pernikahan tersebut.

Memperkokoh hubungan pernikahan karena LDR, banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari membangun kepercayaan dan membiasakan diri untuk membuat satu ritual khusus dalam keluarga. Nah, untuk yang LDR caranya adalah dengan menggunakan media sosial seperti Skype atau video call, dan hal itu penting sekali untuk membangun kedekatan dan kebersamaan.

Komunikasi yang rutin dan selektif dalam mencari teman curhat adalah salah satu cara agar hubungan jarak jauh itu harmonis. Caranya adalah me-maintenance. Pertama, yang harus dilakukan adalah menjalin komunikasi terus menerus secara dua arah, kemudian yang kedua adalah menjalankan ritual seperti yang tadi dijelaskan di awal.

Dan yang terakhir adalah menjaga kesucian janji pernikahan melalui kepercayaan yang dibangun bukan dari satu arah saja tapi harus dua-duanya bahwa ketika berjauhan kita tidak melakukan sesuatu yang membuat pasangan tidak nyaman, karena kita memberi kenyamanan lewat kepercayaan. Jadi, ketika saling berjauhan kita juga harus menjaga pertemanan, jangan sampai ketika berjauhan kita malah merasa bebas berteman dengan siapa saja dan harus diingat bahwa di dalam pernikahan LDR memilih teman itu harus selektif.