Sering Menggunakan Internet, Bikin Kamu Gampang Kena Penyakit

Zaman sekarang yang namanya Internet pasti sudah tidak asing lagi. Hayo, ngaku! Setiap hari tiada waktu tanpa Internet. Tidak sekadar hobi atau kebiasaan saja tetapi penggunaan Internet juga sudah jadi bagian hidup. Pekerjaan, belanja kebutuhan, cari tugas sekolah atau kuliah dan sebagainya. 
Tapi, tahukah kamu, ada baiknya kamu mengurangi untuk menggunakan Internet. Ini terkait buruk berikut. Sering menggunakan Internet malah bikin kamu gampang kena penyakit. Lho kok bisa?
Bahaya Sering Menggunakan Internet
Fakta ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari universitas di Milan dan Swansea. Riset ini melibatkan 500 peserta dengan rentang usia 18 sampai 101 tahun. Mereka menemukan kesimpulan bahwa mereka yang terlalu berlebihan menggunakan Internet punya peluang 30% lebih besar untuk alami gejala sakit seperti flu dan pilek dibandingkan mereka yang ber-Internet secukupnya. 
Tidak hanya sakit secara fisik, mereka yang terlalu sering menggunakan Internet pun punya tingkat stres yang lebih tinggi daripada yang tidak. Faktor stres ini pulalah yang dikaitkan oleh para peneliti dengan gampang terkena penyakit. Siklus stres memengaruhi tingat kortisol yakni hormon stres yang memberi dampak pada daya tahan tubuh. Kita sendiri kemungkinan sudah sering dengar ya kalau stres memang menurunkan daya tahan tubuh seseorang sehingga gampang terkena penyakit. Yang paling sering tentu saja adalah flu ataupun pilek, tetapi tidak menutup kemungkinan gejala-gejala lebih parah lainnya.
Nah, lebih lanjut ditemukan pula kaitan dengan jumlah waktu yang digunakan oleh pengguna Internet dan lokasi penggunaannya. Walau tidak semua namun kebanyakan pengguna Internet biasanya berada di dalam ruangan. Mereka yang berselancar dalam ruang lebih dari tujuh dalam sehari cenderung menyendiri. Maka tidak jarang kita temukan, mereka yang kelihatannya ‘aktif’ di Internet dan seperti seorang ekstrovert ternyata adalah seseorang yang introvert. Ingat temuan ini tidak bisa digeneralisir juga. Oiya, mereka yang cenderung di dalam ruangan berjam-jam juga sulit untuk membangunan daya tahan tubuh dan kekebalan terhadap kuman dari orang lain lho! Wah, kalau sakit karena terlalu sering Internetan seperti ini, apa ditanggung asuransi kesehatan tidak ya? 
Tidak hanya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Milan dan Swansea, kita sendiri pasti cukup menyadari beberapa dampak karena terlalu sering ber-Internet-an. Dipaksa untuk duduk berjam-jam sering kali mengakibatkan beberapa keluhan yang kelihatannya kecil. Mata lelah, pusing, sakit pada bagian punggung dan leher dan sebagainya.

Dampak-dampak kecil seperti ini bisa terakumulasi ke penyakit yang lebih kronis lainnya. Bisa-bisa kita bakal segera masuk rumah sakit. Okay, kamu punya proteksi dari BPJS Kesehatan tetapi waktu kamu yang berharga tentu tidak bisa digantikan, benar?
Mulai sekarang jika tidak punya kepentingan yang benar-benar mendesak, cobalah untuk mengurangi waktumu di depan layar untuk berselancar. Boleh sih untuk sekadar berselancar tetapi perhatikan lagi berapa lama waktu yang kamu habiskan. 
Anyway, jika pekerjaan kamu menuntut kamu untuk sering menggunakan Internet, kamu bisa lakukan beberapa tips berikut:
1.    Istirahat setiap 30 menit, untuk sekadar memalingkan pandangan dari monitor ke sekitar kamu. 
2.    Usahakan untuk beranjak dari tempat dudukmu agar tubuhmu tidak kaku. 
3.    Jangan lupa untuk minum banyak air putih agar tubuh tetap fit. 
4.   Jangan lupa untuk jadi peserta BPJSkesehatan, untuk jaga-jaga siapa tahu kondisi tubuh tiba-tiba menurun dan kamu butuh dirawat. Hehe.crying
Sekali lagi, rajin menggunakan Internet tidak salah, yang salah kalau sudah jadi kecanduan. 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan