Sehat jasmani dan rohani tanpa Rokok

Assalamu ‘alaikum… Salam sejahtera bagi kita semua, Alhamdulillah penulis masih bisa menabung amal dengan memberikan sedikit ilmu yang diangurahkan oleh Allah SWT. Kali ini penulis ingin mengkaji atau menyampaikan tentang bagaimana cara supaya Sehat Jasmani dan Rohani Tanpa Rokok.

Sebenarnya artikel tentang rokok sudah banyak sekali, namun kali ini penulis ingin mengupas bahaya rokok serta pencegahannya yang berdasarkan pada ilmu agama Islam dan ilmu pengetahuan. Semoga dengan pembahasan singkat ini, para pembaca mampu melupakan rokok tersebut. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat! APA ITU ROKOK? Rokok? Tak ada yang tak tahu dengan benda mungil yang satu ini.

Menurut Wikipedia Indonesia, rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Rokok tak mungkin bisa lepas dari masyarakat Indonesia, mengapa? Karena di jaman yang semakin menggila ini, anak SD pun sudah mulai mencoba rokok. Berawal dari iseng-isengnya orang dewasa, anak itu akan mencobanya dan pasti akan merasa tertantang akhirnya kecanduan deh.

Astagfirullah hal adzim, padahal Allah SWT sudah berfirman: “Tidaklah seorang membuat dosa melainkan akan kembali kepada dirinya sendiri” (QS. al-An’am: 164) Satu ayat yang sangat bermakna. Jadi ayolah untuk orang-orang yang lebih dewasa, yuk didik anak-anak Indonesia supaya semakin berkarakter dan cerdas. Katanya mau Indonesia jaya apalah-apalah hehe…

Lanjut kita bahas kandungan dari rokok! APAKAH YANG ADA DALAM ROKOK? Sebetulnya nih ada 4000 zat berbahaya dalam rokok, setelah dihidupkan dan dihisap maka rokok tersebut akan berkembang 100 kali lipat dari zat sebelum rokok dihidupkan. Waw coba bayangkan bagaimana ketika zat tersebut tidur, makan dan berkembang di tubuh Anda mungkin sangat sayang ya? Apalagi kalau masih kanak-kanak. Ngeri.. Berikut adalah kandungan berbahaya dalam rokok :

Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks. Tar, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik. Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano. Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.

Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif. Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol. Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.

Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu. Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida. Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.

Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor. APA EFEK DAN BAHAYA MEROKOK? Tentu efek dan bahaya adalah ciri khas dari rokok, karena rokok tidak akan menimbulkan kebaikan sedikitpun namun akan menimbulkan keburukan sebesar apapun. Menakutkan!!

Berikut adalah efek dan bahaya merokok :

Perokok mempunyai fungsi paru-paru yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok Merokok mengurangi pertumbuhan paru-paru Merokok dapat menurunkan performa dan danaya tahan tubuh remaja bahkan pada olahragawan Merokok sejak usia dini akan meningkatkan resiko untuk terkena kanker paru-paru dan penyakit jantung. Naudzubillahimindzalik..

Rata-rata orang yang merokok 1 bungkus atau lebih setiap harinya berkurang hidupnya selama 7 tahun dibandingkan orang yang tidak merokok Itu hanya sekelumit bahaya merokok, masih banyak lagi bahaya merokok yang menakutkan. Mungkin bisa sampai ribuan hingga jutaan jika diteliti dengan sungguh-sungguh. Nah hal itu akan membuat kita semakin takut dan menjauhi benda mungkil pendekat kubur.

BAGAIMANA CARA BERHENTI MEROKOK ?

Ketika orang mencoba untuk berhenti merokok, mereka sering mengalami gejala-gejala disebabkan nikotin seperti kecemasan, mudah tersinggung, sakit kepala, depresi dan kegelisahan. Tapi pasti bisa, jangan berhenti untuk menjadi lebih baik. Kalau bukan Anda siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.

Berikut penulis sedikit tips untuk berhenti merokok:

Carilah alasan pribadi yang kuat mengapa Anda ingin berhenti merokok Cobalah berhenti secara berkala atau teratur dan pelan-pelan, hal itu untuk menghindari gejala nikotin di atas tadi Makan sayur dan berolahraga untuk menghilangkan zat yang ada dalam tubuh Berpuasa dan beribadah sekaligus berdoa untuk mengurangi tabiat merokok Jauhkan diri Anda dari stress dan alkohol Isi waktu luang Anda dengan kegiatan fisik yang positif Yang paling penting jangan menyerah untuk berhenti merokok.

Demikian sedikit pencerahan dari penulis, semoga dengan semakin tahunya seluk beluk rokok Anda akan mudah yakin untuk menjauhinnya. Terimakasih dan sampai jumpa di lain artikel.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan