Saung angklung udjo , pelestarian alat musik urang sunda

Saung Angklung Udjo – Halo teman-teman semua , udah beberapa hari saya tidak update blog ini tapi tidak menutup hati untuk selalu berkunjung ke blog sederhana ini .

foto rumah angklung udjo bandung

Sebagai urang sunda saya memang sangat bangga bisa menikmati indahnya alunan suara angklung apalagi saat siang hari di daerah pesawahan akan lebih terasa ” urang sundanya ” . Angklung sendiri merupakan salah satu alat musik yang berkembang pesat di Jawa Barat yang terbuat dari bambu . Alat musik tradisional ini dipakai dengan cara menggetarkan bagian – bagian pipa bambu kemudian menghasilkan suara yang khas .

Bagi tataran sunda kita dapat menyaksikan pagelaran alat musik pada acara besar , perlombaan dan sebagainya . Walaupun tidak ada yang tahu secara pasti siapa pencetus angklung ini namun hingga kini alat musik tradisional ini dapat kita jumpai .

Salah satu tempat yang melestarikan seni musik tradisional ini adalah Saung angklung Udjo atau Mang Udjo yang berada di Jalan Padasuka No.118 , Bandung .

Sesuai namanya ,  Saung angklung ini didirikan oleh seniman yang terkenal dari Jawa Barat yaitu Mang Udjo dan istrinya Uum Sumiati Udjo pada tahun 1967 .

Pembangunan saung ini bertujuan untuk mengingat dan melestarikan warisan budaya bernilai tinggi  di tengah ketatnya persaingan di era modern ini .

Saung ini dibangun dengan latar belakang khas parahyangan , didalamnya anda dapat menikmati secara langsung pagelaran seni tradisional sunda  , memainkan , belajar membuat dan membeli angklung.

Pagelaran ini disukai oleh berbagai kalangan terutama pelajar dan mahasiswa . Setiap harinya selalu ramai dengan pengunjung saat wisata ke Bandung baik lokal maupun luar negeri .

Selain pagelaran angklung , disini juga dapat disaksikan tari tradisional , wayang golek dan pokoknya berbau sunda yang dibuka setiap hari.

Fasilitas yang disedikan juga sangat lengkap yaitu lahan parkir yang luas , toko cendera mata , restoran dan lainnnya.

Jadi sangat di rekomended banget saat anda jalan – jalan di kota Kembang sekaligus mengetahui kesenian daerah supaya tidak lupa budaya .

Semoga bermanfaat dan cintailah negeri kita yang kaya akan seni dan budaya .

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan