Rupanya Ini 5 Bagian Rumah yang Sering Menjadi Tempat Favorit Rayap

Rumah ibarat sebuah istana bagi penghuninya. Tentunya, kenyamanan rumah menjadi faktor terpenting yang diharapkan oleh setiap penghuninya. Rumah yang nyaman adalah rumah yang terbebas dari gangguan, termasuk bebas dari serangan rayap. Serangga berukuran kecil tersebut dapat menyerang beberapa bagian rumah dan menjadikannya sebagai tempat tinggal. Rayap menggerogoti kayu atau lapisan tembok sebagai makanannya. Umumnya, rayap menyerang dalam kelompok besar atau berkoloni.

Apa yang harus dilakukan jika rayap sudah terlanjur menyerang? Anda tak perlu cemas atau bingung untuk mengatasinya. Cobalah untuk menyelidiki keberadaan rayap di rumah Anda dengan teliti dan jangan terlewat satu jengkal pun. Setelah menemukannya, segera atasi dengan langkah efektif untuk membasminya. Hubungi jasa anti rayap untuk membantu Anda melakukan pembasmian secara tepat. Sebelum itu, Anda juga harus tahu 5 bagian rumah yang menjadi tempat favorit rayap berikut ini.

  1. Sudut Ruangan

Sudut ruangan merupakan salah satu tempat yang kerap menjadi hunian rayap. Rupanya, keadaannya yang lebih lembab adalah sebab mengapa sudut ruangan sering dihuni rayap. Dengan demikian, periksalah sudut-sudut ruangan Anda dan lihat daerah sekitarnya apakah ada tanda-tanda dihuni rayap atau tidak. Jika tidak ada, berikan upaya pencegahan dengan membersihkan sudut ruangan dan berilah kapur barus atau obat anti rayap sebagai upaya antisipasinya. Jika sudah, maka bersihkan dahulu rayap-rayap beserta sarangnya sebelum memberikan obat anti rayap.

  1. Fondasi Rumah

Serangan rayap dapat membahayakan penghuni rumah. Bagaimana bisa? Serangan serangga kecil berkoloni tersebut tergolong ganas, di mana mampu menyerang dengan cepat. Fondasi rumah menjadi salah satu bagian rumah yang sering dihuni rayap, terutama fondasi yang ada unsur kayunya. Koloni rayap dapat menggerogotinya hingga keropos. Apabila berlanjut terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan akan mengikis bangunan dan bisa roboh tiang penyangganya. Jadi, perhatikan bagian tersebut dan hindarkan dari serangan rayap.

  1. Dapur

Tempat favorit rayap selanjutnya adalah dapur. Di dalam dapur terdapat banyak ruang sempit di antara perabotan yang menjadikannya lembab dan disukai rayap. Sebagai contoh, rayap dapat hidup di sela-sela antara kitchen set dengan rak penyimpanan yang keadaannya lembab. Selain itu, banyak peralatan di dapur yang terbuat dari kayu, seperti kitchen set, rak penyimpanan, meja, dan kursi, sehingga rayap sangat suka hidup di dapur dan menyerang furnitur tersebut.

  1. Ruang Tamu

Tempat berikutnya adalah ruang tamu. Mengapa? Terdapat banyak furnitur di sana, berupa meja, kursi, rak sudut, dan hiasan lainnya yang terbuat dari kayu. Rayap suka menggerogoti furnitur berbahan kayu hingga keropos dan ruang tamu yang dipenuhi dengan perabotan kayu tersebut menjadi hunian favoritnya.

  1. Teras Rumah

Tempat terakhir yang disukai rayap adalah teras rumah. Meja dan kursi yang terdapat di teras rumah menjadi target operasi serangan rayap. Selain itu, apabila di teras terdapat pagar kayu, maka pagar itu menjadi tempat singgahan favoritnya. Sungguh mengerikan, bukan? Perabotan menjadi rusak karena ulah rayap.

Itulah bagian-bagian rumah yang sering menjadi tempat favorit rayap. Anda harus memastikan keadaan dari berbagai tempat tersebut, guna mengetahui keberadaan rayap dan mencegah perkembangbiakannya. Segera lakukan upaya antisipasi apabila belum diserang rayap dan terapkan upaya untuk mengatasinya apabila sudah diserang. Kehati-hatian dan kewaspadaan perlu dilakukan agar rumah Anda terbebas dari serangga kecil yang kerap berulah ini.