ROTEC Soil Stabilizer, Solusi Pengeras Jalan yang Tahan Lama

Infrastruktur sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung setiap kepentingan manusia. Salah satu prasarana yang dimaksud adalah jalan umum. Jalan yang baik, kokoh, serta rata, mampu melancarkan sistem mobilisasi umum. Kendala berupa datangnya musim hujan ataupun bencana tanah longsor yang berpotensi merusak kondisi jalan, setidaknya mampu diminimalisir. Untuk itu, diperlukan langkah tepat untuk membuat jalan lebih prima dan mendukung kelancaran transportasi. Pengerasan jalan adalah solusi tepat untuk persoalan tersebut.

Perkerasan jalan dapat mengoptimalkan fungsi jalan, di mana mampu menutup lapisan tanah dasar dengan struktur lain yang tersusun dari material pendukungnya. Struktur penutup tanah dasar tersebut harus kokoh dan mempunyai permukaan rata, sehingga nyaman dan aman setiap saat untuk dilewati. Bahan atau material pendukung pembuatan jalan harus berkualitas. Saat ini, jasa konstruksi sudah menyediakan soil stabilizer sebagai pendukung material pengerasan jalan. ROTEC adalah salah satu merek dari stabilizer tersebut. Lalu, apa peran ROTECĀ  soil stabilizer? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Memadatkan Struktur Tanah

Teknologi yang semakin berkembang mampu menghasilkan teknik soil stabilizer yang dapat memadatkan struktur tanah (solidifikasi) secara fisik. Komponen dan struktur tanah menjadi lebih padat (compact). Dengan kepadatan tersebut, terbentuklah lapisan tanah yang kokoh dan kuat, sehingga tidak mudah menyerap air yang melemahkan kekuatan tanah sebagai lapisan dasar dari pengerasan jalan. Tingkat kepadatan tanah dengan teknik ini dapat menjadi sekeras batu.

  1. Menstabilkan Struktur Tanah

Sesuai dengan namanya, soil stabilizer mempunyai fungsi untuk menstabilkan unsur yang ada di dalam tanah dengan kandungan kimia yang ramah lingkungan, sehingga tergolong aman dan mudah bereaksi. Zat additive ini ditambahkan pada lapisan tanah dasar untuk membentuk struktur tanah yang merata. Dengan fungsi utama ini, ROTEC soil stabilizer meratakan kandungan unsur di setiap sisinya. Nantinya, setiap ruas jalan akan mempunyai tingkat ketahanan yang sama.

  1. Menyingkirkan Partikel Air

Partikel air yang ada di dalam tanah juga memerlukan pengaturan agar lapisan tanah dapat menjadi dasar pengerasan tanah yang baik dan tahan lama. ROTEC mampu berfungsi sebagai water repelant yang menyingkirkan partikel air yang ada di dalam tanah, sehingga kepadatan tanah bertambah dan strukturnya menjadi kokoh. Dalam fungsinya ini, ROTEC juga membungkus unsur-unsur tanah agar tidak mudah tercampur dengan air. Hal ini membantu ketahanan struktur jalan agar tidak lembek atau mudah berlubang, yang diakibatkan oleh datangnya hujan.

  1. Memudahkan Pencampuran dengan Semen

Selain ketiga fungsi soil stabilizer tersebut, terdapat fungsi selanjutnya yaitu mampu mempermudah proses pencampuran tanah dengan semen. Dengan demikian, terdapat kemudahan dalam proses pembuatan campuran untuk lapisan pengerasan jalan. Prosesnya menjadi lebih efektif dan efisien. Peran dari ROTEC soil stabilizer tergolong penting untuk melancarkan proses pengadukan menjadi lebih singkat. Kemampuannya tersebut bisa menghasilkan campuran yang merata dan kuat, sehingga nantinya mampu dibuat menjadi lapisan pengerasan jalan yang tahan lama.

Dengan segenap kemampuan ROTEC soil stabilizer tersebut, sistem pengerasan jalan menjadi lebih mudah dan lancar. Selain itu, sistem pengerasan jalan dengan sistem stabilisasi tanah tersebut akan menghasilkan jalan umum yang lebih tahan lama. Biaya untuk proses pengadaan prasarana ini menjadi lebih efisien. Untuk mendapatkan material ROTEC soil stabilizer, Anda tak perlu khawatir karena sudah tersedia jasa konstruksi yang menawarkan produk tersebut. Mudah, kan?