Review Tentang Handy Talkie

Salah satu alat komunikasi yang sudah ada sejak jaman dulu dan masih sering digunakan hingga saat ini adalah Handy Talkie (HT). Ya, alat komunikasi yang satu ini memang masih dinilai cukup efisien sebagai salah satu media bertukar pesan, khususnya di area tertentu yang bahkan masih belum tersentuh sinyal. Bahkan kelebihannya tidak hanya itu, masih ada beberapa kelebihan lainnya, yaitu sebagai berikut:

Kelebihan Handy Talkie Sebagai Alat Komunikasi yang Efisien

  1. Tidak memerlukan pulsa dan sinyal

Sekilas fungsi dari Handy Talkie (HT) memang seperti handphone, namun perbedaan paling mendasar adalah pada alat ini Anda tidak memerlukan pulsa dan sinyal karena seluruh gelombang suara yang ditransfer murni menggunakan gelombang radio. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang masih memanfaatkan HT sebagai alat komunikasi saat ada event tertentu karena tidak perlu memikirkan tentang ketersediaan pulsa dan sinyal.

  1. Pesan yang disampaikan dapat diterima oleh semua HT dengan frekuensi sama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh HT adalah kemampuannya utuk mengirimkan gelombang suara ke semua orang yang memiliki HT dengan frekuensi yang sama. Jadi, hal ini membuat HT dianggap sangat efisien karena satu orang dapat mengirim pesan untuk mengkoordinir banyak orang sekaligus.

  1. Cara penggunaan yang mudah dan praktis

Cara penggunaan HT pun bisa di bilang sangat praktis dan efisien, Anda hanya perlu menekan satu tombol untuk kemudian berbicara dan mengirimkan pesan ke semua orang. Hal inilah yang masih belum ditemui pada alat komunikasi lainnya yang cenderung kurang praktis karena perlu menekan beberapa tombol terlebih dahulu.

Dari berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Handy Talkie tentunya tidak heran jika alat komunikasi yang satu ini tetap memiliki pamor dan popularitas yang cukup tinggi. Dengan tingginya minat konsumen ini pula akhirnya membuat banyak produsen yang menawarkan produk HT dengan berbagai model dan harga. Namun apabila Anda ingin membeli HT, maka ada baiknya Anda mengetahui dulu tips yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Untuk itu langsung saja simak tips yang ada pada ulasan berikut ini:

Tips Sebelum Membeli Handy Talkie

  1. Frekuensi Range

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bawa Handy Talkie (HT) adalah alat yang mengandalkan frekuensi gelombang radio untuk mengirimkan gelombang suara. Oleh karena itu sebelum Anda membeli HT ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu frekuensi seperti apa yang nantinya dibutuhkan.

Perlu diketahui pula bahwa HT yang ada saat ini memiliki jenis dan merk yang beragam sehingga frekuensi satu sama lainnya tentu berbeda, walaupun ada sebagian kecil yang memiliki frekuensi sama.

Selain itu, tentukan pula Anda ingin menggunakan HT tersebut di lokasi yang seperti apa, jika Anda ingin menggunakannya pada lokasi gedung bertingkat maka pilihlah HT dengan gelombang frekuensi VHF karena memiliki kekuatan gelombang radio yang lebih baik untuk menembus beton gedung bangunan. Namun jika Anda ingin menggunakannya di alam terbuka, maka pilihlah HT dengan frekuensi UHF karena memiliki jangkauan yang lebih luas pada area terbuka.

  1. Power yang kuat dan antena yang berkualitas

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli HT adalah power dan antena yang ada di perangkat tersebut. Pastikan Anda membeli HT dengan power yang kuat dan memiliki antena yang berkualitas karena kedua hal ini sangat mempengaruhi kejernihan dan jangkauan gelombang radio yang dihasilkan. Semakin berkualitas power dan antena yang ada maka semakin baik pula performa yang dihasilkan.

  1. Daya tahan baterai

Handy Talkie (HT) yang berkualitas biasanya akan diimbangi pula dengan performa baterai yang baik. Oleh karena itu pastikan jika HT yang Anda pilih memiliki kapasitas baterai yang mencukupi. Hal ini juga bermanfaat untuk kelancaran kegiatan yang Anda lakukan nantinya, jangan sampai tergiur dengan HT murah namun ternyata memiliki daya tahan baterai yang buruk.

  1. Fitur anti air

Apabila Anda ingin membeli HT untuk keperluan outdoor maka sebaiknya memilih HT yang sudah dilengkapi dengan fitur anti air. Hal ini perlu Anda perhatikan karena tidak semua HT yang beredar di pasaran saat ini memiliki fitur anti air.

Handy Talkie dengan fitur anti air biasanya memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal, namun itu bukanlah menjadi masalah mengingat HT tersebut akan digunakan untuk jangka waktu yang lama.

  1. Fitur yang ada didalamnya

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah mengenai fitur yang terdapat pada HT tersebut. Pastikan jika HT yang Anda pilih memiliki fitur yang memadai, seperti misalnya fitur emergency, Backlight, DTMF, VOX, dan battery meter.

Apabila Anda sudah memahami hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Handy talkie tersebut maka sekarang Anda dapat memilih HT yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu jika Anda membutuhkan rekomendasi tipe HT yang berkualitas maka Anda dapat membacanya pada ulasan dibawah ini:

Handy Talkie Terbaik yang Dapat Dipilih di Bhinneka

  1. Motorola MD200T

Tipe HT terbaik yang pertama adalah Motorola MD200T. HT yang dirancang untuk segala kebutuhan komunikasi ini dapat menjadi pilihan paling tepat bagi Anda yang membutuhkan HT untuk keperluan outdoor karena produk ini sudah dilengkapi dengan fitur anti air yang cukup baik. Lalu untuk kualitas suara yang dihasilkan dari produk ini juga sangat keras dan jernih sehingga sangat cocok digunakan dalam keadaan bising sekalipun.

Selain itu, HT ini juga dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama karena sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya didalamnya. Jadi dengan menggunakan HT ini Anda tidak perlu takut kehabisan daya saat berada di alam bebas.

Harga yang dibanderol untuk dapat memiliki HT Motorola MD200T ini juga tergolong murah, yaitu hanya Rp. 1.320.000.

  1. Cobra CXT390

Handy Talkie yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah Cobra CXT390. Produk yang mengandalkan frekuensi tipe UHF ini memang sudah cukup populer digunakan para konsumen sebagai alat komunikasi di alam bebas. Kemampuan power yang baik serta diimbangi dengan antena berkualitas membuat HT yang satu ini dapat mentransfer gelombang radio dengan jernih dan akurat. Bahkan pihak produsen sendiri mengklaim jika HT ini dapat menjangkau area dengan luas lebih dari 2 km pada area terbuka.

  1. Uniden PMR1189

Apabila Anda mencari Handy Talkie dengan power frekuensi yang sangat kuat maka Uniden PMR1189 dapat menjadi pilihan yang paling tepat. HT ini sudah dilengkapi dengan power dan frekuensi yang sangat tangguh sehingga mampu menjangkau area yang luas, baik pada lokasi gedung bertingkat ataupun alam terbuka, bahkan pihak produsen sendiri mengklaim jika HT ini mampu digunakan untuk berkomunikasi pada frekuensi yang sama dalam radius maksimal 10 km.

Selain itu, HT ini juga sudah dibekali dengan fitur anti air dan daya tahan baterai yang cukup besar, yaitu mampu bertahan hingga 8 – 10 jam pemakaian.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat dibagikan seputar Handy Talkie (HT). Apabila Anda ingin membeli HT maka pilihlah produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan agar mampu menghasilkan performa yang maksimal, semoga bermanfaat.