Resep Soto Babat Yang Praktis dan Enak

Salah satu makanan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia ini bisa dimasak dengan mudah dan disajikan untuk keluarga. Santapan yang berkuah serta mengandung santan ini enak untuk dimakan di waktu sarapan pagi, siang hari ataupun malam hari setelah melakukan berbagai aktifitas kerja yang melelahkan sepanjang hari.

Resep soto babat ini mudah untuk dipraktekkan oleh ibu – ibu di rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Siapkan bahan – bahan yang diperlukan seperti ½ kg babat, bumbu halus, serta bumbu pelengkap lainnya. Untuk bumbu halus siapkan 3 bawang putih, 4 bawang merah, 4 buah kemiri, ½ sendok makan ketumbar, ½ sendok makan lada halus, serta 1 ruas kunyit.

Bumbu lainnya yang juga perlu disipakan diantaranya adalah 4 daun jeruk, 3 daun salam, daun bawang secukupnya, serta tomat. Untuk daun bawang perlu diiris kecil – kecil yang nantinya dimasukkan pada soto babat. Tomat yang digunakan sebaiknya diiris – iris terlebih dahulu, kemudian dipotong – potong.

Resep soto babat ini selain bumbu halus, serta berbagai macam daun dan tomat yang diiris, juga terdapat bahan – bahan lainnya. Siapkan pula 1 ruas jahe sdan 1 ruas lengkuas dalam kondisi telah digeprek, selanjutnya juga 2 serai geprek, serta jeruk nipis. Tentunya juga harus ada penyedap rasa, santan yang berasal dari 1 butir kelapa, garam, serta sediakan bawang goreng dan emping goreng agar lebih bersemangat saat memakannya nanti.

Langkah pertama untuk memasaknya dimulai dari merebus babat hingga setengah matang, kemudian tiriskan serta dibuang airnya. Lanjutkan dengan merebus air ditambah daun jeruk, daun salam, serai, jahe, serta lengkuas. Rebus sampai matang lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan pula garam serta air jeruk nipis.

Langkah selanjutnya dalam berdasarkan resep soto babat tumislah bumbu halus hingga berbau harum sedap mulai terasa. Dilanjutkan dengan memasukkan santan serta ditambahkan penyedap rasa serta gula. Tambahkan garam secukupnya dan cicipi soto babat yang telah dibuat agar terasa pas asinnya di lidah. Penyajiannya bisa ditambahkan berbagai toping sesuai dengan selera.