Resep Kue untuk Natal Pannetone Italian Christmas Bread

Salah satu hidangan yang cocok dimakan saat momen Natal adalah roti. Sebagai referensi, berikut ini adalah contoh resep kue untuk Natal jenis Pannetone Italian Christmas Bread. Seperti namanya, roti ini memang berasal dari Italia dan mempunyai citarasa khas Eropa. Lalu, apa saja bahan – bahannya?

Bahan – bahan untuk membuat Pannetone Italian Christmas Bread terdiri dari 250 gram tepung terigu khusus untuk roti, 2 butir kuning telur, 1 butir telur, 125 ml susu cair segar, 5,5 ragi instan supaya roti mengembang, 50 gram gula pasir, 50 gram butter, dan seperempat sendok teh garam. Untuk bahan pelengkapnya adalah buah campur yang terdiri atas 100 gram kismis raisin, 75 gram cherry campuran merah dan hijau, 35 gram cranberry atau dried fruit lainnya, serta 1 sendok makan kulit jeruk lemon parut halus.

Langkah pembuatan kue natal tersebut adalah campur susu cair dengan telur dan aduk rata. Lalu sisihkan, sedangkan dalam wadah lainnya campurkan tepung dan gula pasir. Setelah itu, buat lubang di bagian tengah dan tuang perlahan campuran pertama tadi. Uleni sampai kalis dan bisa juga menggunakan mixer berkecepatan sedang. Proses ini mungkin butuh waktu cukup lama tetapi menjadi poin penting keberhasilan dari pembuatan resep secara keseluruhan.

Masukkan butter ditambah garam dan terus uleni atau kocok adonan dengan menggunakan mixer. Setelah itu, masukkan aneka buah campur yang kering. Ratakan dengan spatula saja supaya buah – buahan yang kering tidak hancur karena bisa mempengaruhi warna adonan menjadi agak aneh. Setelah itu, bulatkan adonan sesuai selera. Bisa dibulatkan dengan ukuran besar ataupun kecil. Jika sudah dibulatkan semua, maka biarkan selama 40 menit dan hasilnya bisa dilihat roti mengembang sampai 2 kali lipat.

Jika adonan sudah mengembang, letakkan di loyang dengan kertas wadah kue. Gunting sedikit bagian atasnya dan masukkan butter. Panggang selama 10 menit dengan suhu rata – rata 200 derajat Celcius. Lalu lanjutkan memanggang sekitar 40 menit dengan suhu 180 derajat Celcius. Sajikan kue untuk Natal ini dengan olesan butter atau topping lainnya jika ada.