Resep Khas Indonesia : Sambal Bawang Mentah yang Enak

Menikmati makanan tanpa adanya sambal seringkali menjadikan makan terasa kurang lengkap. Namun ternyata, membuat sambal yang enak tidak hanya sekedar menghaluskan cabe, bawang, tomat, serta gula dan garam saja.

Ada trik tertentu untuk dapat menghasilkan sambal bawang yang enak untuk melengkapi kenikmatan makan anda. Selain itu, membuat sambal mentah secara sembarangan juga dapat meningkatkan resiko sakit perut saat mencicipinya. Bagi anda pecinta sambel, anda dapat mencoba membuat sambel bawang mentah anda sendiri di rumah dengan mengikuti resep berikut ini.

Bahan Sambal Bawang:

  • Bawang putih ukuran sedang, 3 hingga 4 siung. Kupas.
  • Cabe merah keriting 10 buah
  • Cabe rawit merah 1 hingga 2 buah sesuai selera, tidak wajib
  • Minyak sayur sekitar ½ sendok teh. Sebaiknya anda menggunakan minyak sayur bekas menggoreng, akan lebih baik jika menggunakan minyak yang telah digunakan untuk menggoreng bawang merah.
  • Garam dan sasa secukupnya


Cara membuat:

  1. Cuci bersih cabe merah dan tiriskan.
  2. Masukkan cabe merah keriting ke cobek, uleg hingga setengah lembut.
  3. Masukkan 3 siung bawang putih, ¼ sendok teh garam, sedikit gula pasir, dan uleg hingga lembut.
  4. Tambahkan ½ sendok teh minyak sayur, uleg kembali hingga semua bahan tercampur sempurna.
  5. Sajikan bersama lauk yang telah anda buat.

Itulah resep masakan indonesia yakni sambal bawang mentah yang aman untuk anda. Penambahan minyak sayur bekas menggoreng ini berguna untuk menetralkan rasa pedasnya sambal bawang mentah yang anda buat, sehingga tidak membuat anda ataupun keluarga merasa sakit perut saat mengkonsumsi sambal buatan anda.

Selain mudah, sambal bawang ini juga cenderung cepat dibuat. Sehingga anda dan keluarga tidak perlu menunggu lama untuk menikmati masakan yang telah anda buat bersama dengan sambal bawang ini. Sambal bawang mentah ini sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi putih dan daging rendang.

Sambal ini juga cocok sebagai teman anda menikmati tahu atau tempe goreng sebagai camilan saat mengobrol bersama keluarga atau kerabat anda. Nah jika Anda sudah membaca ini, terasa kan nikmatnya sambal pedas yang begitu alami ini.