Profil Singkat Provinsi Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di pulau Sumatera yang beribukotanya adalah Padang . 

Dalam perkembangannya , Sumatera Barat terdapat banyak tempat dan obejek wisata alam yang menawan. Adapun suku-suku yang mendiami sumbar adalah suku Minangkabau , Guci,Jambak,Piliang,Caniago Tanjung,Pisang dan Sikumbang serta beberapa suku pendatang lainnya. 

Selain keragaman sukunya , sumbar juga terdapat keanekaragaman seni dan budayanya seperti Tari Payung , Piring dan Tari Indang serta teater tradisional yang sangat terkenal adalah Randai. 

Juga beberapa acara adat seperti upacara penobatan penghulu atau lebih dikenal dengan batak Gala , Upacara penyambutan tamu,upacara perkawinan dan lainnya yang sangat menarik. Pakaian adat Minangkabau juga sangat kaya dengan corak ,warna serta variasi yang biasanya menunjukkan ciri khas daerah asalnya terutama terlihat dari penggunaan tutup kepala. 

Seiring berjalannya waktu yang berorientasi modern , namun hingga kini kita masih tetap bisa menyaksikan beberapa permainan rakyat yang merupakan kegemaran rakyat sekitar seperti Adu Jawi ( adu sapi ) , Pacu itik , Pacu Jawi ( balap sapi ) dan berburu hewan secara tradisional. 

Adapun tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi adalah Batangpuluh , Rimbopanti,Lembah Anai,Baringin Sati ,Lembah Harau , Gunung Indrapura,Megamendung. 

Selain tempat wisata yang banyak dikunjungi , daya tarik wisata utama yang disediakan Sumatera Barat adalah Pantai Air Manis , Taman Siti Nurbaya , Kepulauan Menyawai ,Bukittinggi,Goa Jepang,Ngarai Sianok ,Puncak Lawang , Danau Maninjau, Batusangkar,Desa Pariaman, Danau Singkarak,Danau Diatas ,Danau Dibawah,Lembah harau ,Lembah Anai,Tugu Khatulistiwa Bonjol ,Rimbo Pantai ,PLTA Batang Agam. 

Bagi anda adalah seorang wisatawan , untuk berkunjung ke Sumatera Barat dapat ditempuh dengan 3 cara yaitu Darat ,Laut dan Udara baik dari Kota Jakarta , Banding ataupun kota – kota besar lainnya yang terhubung langsung serta dilayani oleh berbagai Armada. 

Salah satu perusahaan yang melayani para pengunjung menggunakan jalur laut , dilayani oleh PT.PELNI jalur Padabg – Jakarta melalui Sibolga dan Sumatera Utara. Selain itu , terdapat pula pelayaran rakyat yang menghubungkan Belawan dan beberapa pelabuhan kecil lainnya di Sumatera Barat

Situs Resmi : Portal Resmi Pemerintahan Sumatera Barat

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan