Buat semuanya , yuk ciptakan pergaulan yang baik dan sehat

Halo teman setia Blabla Indonesia , Salah satu poin penting dalam berinteraksi dengan baik di masyarakat adalah dengan pergaulan yang baik dan sehat agar tercipta keharmonisan semua anggota masyarakat dan keluarga .

Pada dasarnya hanya lingkunganlah yang menjadi pilar pembentukan jati diri seseorang , disaat lingkungan kita bagus sudah tentu jati diri kita akan bagus begitupun sebaliknya . Tapi bagaimanapun itu tetap kembali pada kita bagaimana mengendalikan emosi kita ke arah yang lebih baik lagi .

Ditengah ketatnya dunia modern kita sebagai orang beradab harus bisa membiasakan diri untuk beradaptasi pada lingkungan yang harmonis , bebas maksiat dan pergaulan bebas .

Banyak sikap dan moral kita terendus oleh pengaruh luar baik dari segi fashion , seni ataupun budaya bahkan agama . Belum lagi tahun ini adalah pembukaan MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) kita harus bisa berbenah diri supaya tahan terhadap pengaruh luar terutama buat orang tua. Kalau bukan kita ya siapa lagi ???.

Sebagai salah satu langkah yang ( mungkin ) bisa membenahi keamanan anak cucu kita salah satunya adalah pergaulan yang baik dan sehat . Banyak remaja yang hingga kini kehilangan identitas siapa sosok yang harus menjadi contoh yang baik  , apalagi masih labil kemanapun yang menurutnya senang maka itu jalan yang akan di pilih , belum lagi narkoba pada remaja yang kian menjamur , alkohol dan seks bebas .

Buat anak remaja kalian jangan bikin malu orang tua donk , kasian mereka susah-susah cari makan dan nafkah sampe banting tulang demi membahagiakan kamu , apakah masih mau mengecewakan orang tuamu dengan sikap dan perilaku biadabmu ?.

Buat orang tua juga jangan santai dan duduk manis diatas kursi , pikirkan masa depan anakmu mau dibawa ke mana mereka ? masa mau dibiarkan ? . Makannya benar ada salah satu ungkapan yang membuat hati kita bergetar yaitu ” Bukan hanya di akhirat , anak dan istri di dunia pun akan menjadi musuhmu ” .

Poin-poin berikut ini semoga bisa memberikan solusi dalam menciptakan pergaulan yang  baik dan sehat .

1. Belajar ilmu agama

Petunjuk hidup yang paling pertama adalah ilmu agama yang diajarkan . Pada ilmu agama ini kita diajarkan bagaimana membangun sikap moral dan akhlak disamping pada tauhid.

Banyak orang tua dan anak lebih suka dengan ilmu umum tanpa membekali ilmu agama . Bukan berarti harus meninggalkan ilmu umum ya , kita harus bisa menyeimbangkan antara ilmu agama dan ilmu umum.

Saya sebenarnya agak miris juga ketika melihat anak sekolahan yang tidak sopan dan acuh tak acuh pada waktu salah satunya waktu sholat . Saat waktu jumat tiba saya melihat mereka banyak yang main gitar , ngobrol , jajan bahkan sengaja tidak sholat .

Ada juga pada jam pelajaran masih banyak yang keluyuran dan kabur .Anak apaan kayak gitu ? Emang guru di sekolah gak mengabsen atau gimana ya pusing juga saya lihatnya. Bukan hanya di daerah saya , mungkin di daerah anda juga pasti demikian .

Ini sudah terlihat jelas betapa gelapnya generasi muda pada ilmu agama dan akhlak . Saya agak kasian juga sama ortu dan masa depannya…hmmmm semoga saja dapat hidayah..amiiin.

2. Ajarkan kedisiplinan

Belajar disiplin sangat penting terutama disiplin waktu . Kalau saatnya main ya main , saatnya belajar ya belajar , saatnya ibadah ya ibadah jangan banyakin waktu luang buat hura-hura .

Bagi orang tua juga harus mendidik anaknya belajar disiplin sejak dini supaya pas remaja mereka sudah terbiasa sehingga anda tidak perlu repot-repot mendidiknya lagi hanya tinggal mengarahkan saja. Indah kan ?

3. Tunjukan bahwa anda adalah sosok sahabat terbaiknya.

Ini nih yang sudah menjadi kebiasaan orang tua suka memarahi anaknya. Marah boleh-boleh saja asalkan dalam batas wajar dan jangan terlalu kasar . Beberapa psikolog menyatakan bahwa ” bentakan ataupun celaan pada anak dapat menjadi bumerang saat mereka beranjak dewasa ” . Intinya mereka akan dendam . . Masa anda sudah tua renta mau dimarahi anak ? Buat kamu hey anak jangan membentak juga pada ortu ya biar hidupmu berkah dan selamat dunia akhirat .

Ingat !!! Surga ada di telapak kaki ibu . Bukan berarti telapak kakinya tapi ridho mereka pada anda . Seorang anak tidak akan masuk syurga jika orang tuanya belum memaafkan dan ridho pada anaknya .

Maka dari itu kalian jangan membentak ,membantah ,memusuhi dan memarahi orang tua anda . Satu kata marah pada ibu bapak dapat menjadi nyala api di akhirat kelak… Sayangilah orang tua anda dan sebagai orang tua juga harus menyayangi anaknya.

Jangan sampai mereka kehilangan sosok hebat dalam hidupnya.. !!!!.

4. Ketahui minat dan bakatnya

Saat anak anda memiliki minat dan bakat pada bidang tertentu maka anda harus mendukung dan menyalurkan ke arah yang lebih positif . Kalo anak minatnya mabuk ya jangan dilakonin…hehehe…

5. Arahkan mereka pada orang yang tepat

Banyak orang tua yang membiarkan anaknya bergaul sama siapa saja , oke mungkin kalau sebatas kenal sih tak jadi masalah tapi jangan sampai mereka salah gaul . Arahkan mereka kepada orang yang tepat dan mempunyai tujuan hidup yang baik .

Saya sudah mengarahkannya tapi anaknya yang ngeyel jadi harus bagaimana donk ??? Ingat !!! Kita butuh proses..hehehe…

6. Jangan jadikan lingkungan seperti rumah hantu

Jadilah orang tua yang disegani dan dihormati oleh anaknya , bagaimana caranya ? anda bisa bertanya sama teman ataupun kerabat anda tentang ilmu ini . Tapi pada dasarnya kembali pada diri masing-masing , jangan selalu memarahinya dan ciptakan suasana keluarga yang tenteram dan damai.

Oke mungkin itu yang bisa saya share , untuk koreksi dan tambahannya anda dapat menambahkannya di komentar , semoga bermanfaat. Mari kita bangun pergaulan baik dan sehat sekarang… Keep smile dan salamat mencoba….

 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan