Rencana Bisnis Mobil China dari DFSK di Indonesia

Salah satu mobil mpv murah asal China, DFSK Glory 580 telah resmi diluncurkan saat gelaran IIMS 2018 lalu. Hal ini tentunya menjadi sinyal bagi para pabrikan mobil SUV lainnya, terutama Toyota Rush yang merupakan mobil dengan jenis yang sama dengan DFSK Glory 580, yaitu SUV. Lantas apa yang membedakan kedua mobil tersebut selain dari segi merek. Untuk lebih jelasnya berikut perbandingan SUV Toyota Rush vs DFSK Glory 580.

  1. Dimensi

Yang pertama adalah dari segi dimensi. Jika melihat dari spesifikasinya, Toyota Rush mempunyai panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. Sedangkan pesaing utamanya Glory 580 mempunyai dimensi yang lebih panjang, yaitu 4.680 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm.

  1. Mesin

Toyota menyematkan Rush terbarunya telah dibekali dengan mesin bertipe 2NR-VE dengan 4 silinder, 16 valves, DOHC yang didukung dengan teknologi mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 103 hp. Sedangkan untuk Glory 580, Sokonindo menawarkan dua pilihan mesin, yaitu berkapasitas 1.8L dan 1.5T. Dimana mesin yang digunakan adalah SFG 18 yang diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 139 Hp dengan tenaga maksimum yang dapat dihasilkan sebesar 150 Hp.

  1. Interior

Baik Toyota Rush maupun Glory 580 sama-sama mempunyai kapasitas penumpang sebanyak tujuh orang, dimana kesemuanya dimanjakan dengan adanya fitur pengecesan handphone disetiap tempat duduknya. Selain itu, kedua mobil ini juga telah disematkan dengan head unit touch screen yang dapat langsung terhubung ke smartphone melalui fitur Bluetooth atau USB untuk dapat mengakses perangkat lainnya. Di bagian kemudinya, kedua mobil SUV ini telah disematkan dengan berbagai tombol yang terhubung langsung ke head unit sehingga pengemudi tidak perlu lagi untuk berpindah tangan dari kemudinya hanya untuk mengganti sebuah lagu.

  1. Eksterior

Masuk dibagian eksterior. Kali ini di bagian eksterior, Toyota menyematkan Rush dengan teknologi pencahayaan Advanced Tech LED. Sedangkan untuk Glory 580 menggunakan lampu LED yang telah dilengkapi dengan lampu DRL. Selain itu, perbedaan mencolok dari kedua mobil ini adalah dibagian atap mobil, dimana DFSK Glory 580 memiliki atap yang telah menggunakan fitur electric sunroof, sedangkan Toyota Rush tidak.

  1. Fitur Keselamatan

Untuk masalah fitur keselamatannya, Toyota menyematkan Rush dengan 8 airbag mulai dari kabin bagian depan hingga ke belakang. Sedangkan untuk Glory 580 hanya mempunyai 4 airbag yang berada di bagian kabin depan saja.

  1. Harga

Dan terakhir adalah masalah harga. Untuk harganya, Toyora membanderol Rush dengan harga mulai dari Rp239.900.000 – Rp261.300.000. Sedangkan untuk DFSK Glory dibanderol dengan harga mulai dari Rp220 – Rp350 juta.

Jika kita melihat harganya, DFSK Glory 580 memang lebih murah. Namun jika untuk masalah mesin DFSK Glory 580 mempunyai tenaga lebih unggul yitu 1,8L. tak hanya mesin, untuk urusan dimensi DFSK Glory 580 lebih besar, bahkan interior dan eksterior DFSK Glory 580 juga terlihat lebih memadai. Setelah melihat perbandingan diatas, pasti kamu bisa melihat kira-kira mobil SUV mana yang mempunyai harga terjangkau dan juga kelebihan-kelebihan lain dibandingakan Toyota Rush. Itu sebabnya kamu tak boleh salah pilih. Ya meskipun ini merupakan merek baru, tapi patutlah diadopsi daan diacungi dua jempol. Itu dia perbandingan SUV Toyota Rush vs DFSK Glory 580.