Panduan Diet yang Baik dan Sehat untuk Wanita

Diet masih menjadi isu yang paling populer di kalangan wanita. Membicarakan berat badan, seperti tidak ada habisnya dan selalu ada teknik baru yang bisa diterapkan. Hasilnya? Sudah barang tentu tidak semua berhasil. Kalaupun ada yang sukses, belum tentu sehat untuk badan. Bagi mereka yang tidak melakukan diet pun, biasanya tetap punya pantangan. Pilihan ini bisa jadi tidak memangkas berat badan, tapi menjaga timbangan badan dan merevolusi catatan kesehatan Anda. Seperti apa panduan diet yang baik dan sehat untuk wanita?

Di Amerika, lembaga kesehatan, pusat riset, hingga Departemen Kesehatan, sangat peduli pada masalah diet. Demi hasil yang lebih baik, mampu meningkatkan kesehatan warga khususnya kaum wanita, menurunkan risiko penyakit kronis, mereka sampai membuat panduan khusus. Isinya sih kurang lebih seperti resume dari berbagai program diet dan promosi hidup sehat.

Berikut panduan diet yang baik dan sehat yang bisa diikuti kaum wanita.

Keseimbangan asupan kalori. Panduan terbaru menitikberatkan keseimbangan antara jumlah kalori yang keluar dan yang masuk. Untuk wanita yang aktif dan dinamis dan berumur antara 31-50, disarankan untuk mengonsumsi kalori sehari 2006 kalori.

Olah raga 30 menit per hari. Idealnya untuk mempertahankan kesehatan, setiap wanita melakukan olah raga 30 menit per hari. Untuk yang ingin mempertahankan berat badan ideal, dianjurkan untuk melakukannya selama 60 menit per hari. Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dalam jumlah besar dianjurkan untuk melakukannya antara 60-90 menit.

Makan makanan bergizi. Konsumsi makanan yang bergizi sangat vital untuk mereka yang memiliki aktivitas padat dan ingin sehat. Membatasi makanan hanya beberapa jenis saja, akan sangat tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Anda justru harus memilih makanan yang tepat. Makan makanan yang kaya kandungan gizi tapi rendah gula, garam, lemak, kalori, dan zat pengawet, akan mendapatkan hasil lebih baik untuk tubuh.

Makan sayur dan buah-buahan. Panduan untuk wanita dalam diet 2.000 kalori per hari, paling tidak ada kandungan 2 cangkir sayuran dan 2 cangkir buah.

Hindari makanan yang telah melalui proses. Banyak zat tambahan yang membuat kalori tak terkontrol.

Kurangi asupan garam.Tekan menjadi hanya 2.300 mg per hari. Jangan kaget karena tiap orang rata-rata mengonsumsi garam hingga 5.000 mg per hari.

Konsumsi makanan yang berasal dari bens dan gandum. Untuk mendapatkan vitamin dan serat.

Konsumsi ikan 2 kali per minggu. Lemak ikan terutama dari ikan salmon mengandung asam lemak yang berguna untuk pembangunan otak dan organ tubuh lainnya.

Kurangi lemak. Konsumsi yang dianjurkan hanya sekitar 20-35 persen dari jumlah kalori yang masuk.

Itulah 9 langkah dari panduan diet yang baik dan sehat untuk wanita. Selamat mencoba dan semoga berhasil.