Hasil gambar untuk oyo rooms

Oyo rooms merupakan jaringan hotel murah yang berasal dari India, dan sekarang ini telah resmi hadir di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, karena mereka juga dikabarkan akan hadir di Inggris dan beberapa negara lain di kawasan Eropa. Berikut beberapa fakta menarik dari jaringan hotel murah asal India tersebut diantaranya yaitu : 

  • Mereka sendiri telah menginspirasi beberapa startup yang ada di Tanah Air seperti Airy, Nida Rooms, Zenrooms, dan juga Reddoorz.
  • Startup ini sendiri didirikan pada tahun 2013 oleh Ritesh Agarwal. Meski mereka memulainya dengan model bisnis pasar, tetapi sekarang sudah dapat mengelola beberapa hotel milik mereka sendiri.
  • Dipertengahan tahun 2018 lalu, mereka meluncurkan layanan miliknya di Cina dengan jumlah hingga mencapai lebih dari seribu orang.
  • Sebelumnya mereka juga telah hadir di Malaysia dan juga Nepal.

Oyo, starup yang bergerak di bidang jaringan hotel memang telah meresmikan kehadirannya di Indonesia setelah kontinu sejak setahun lalu mempersiapkan operasionalnya. Perusahaan tersebut diwaktu yang bersamaan telah mengumumkan komitmen mereka untuk berinvestasi lebih dari US$100 juta atau sekitar Rp. 1,5 triliun untuk menjadi pemain di Indonesia yang paling terdepan.

Ritesh Agarwal selaku pendiri dan CEO Oyo mengatakan jika komitmen mereka untuk berinvestasi ini disiapkan dari perolehan dana segar yang didapatkan oleh perusahaan sebesar US$1 miliar sebulan yang lalu dari Softbank, Lightspeed, Sequoia, dan juga Greenoaks Capital. Selain itu juga adanya tambahan dana sebesar US$200 juta yang diambilnya dari neraca keuangan perusahaan.

Sebagian besar dana tersebut akan digunakan Oyo untuk membangun infrastruktur jaringan hotel dan juga merenovasi bangunan supaya sesuai dengan kriteria Oyo. Mereka kemudian akan melatih talenta supaya dapat bekerja di industri hospitality, mengembangkan teknologi, dan juga melancarkan strategi pemasaran supaya dapat menarik para pengguna barunya. Oyo akan membantu para pemilik unbranded hotel dengan menggunakan teknologi yang mereka miliki untuk meningkatkan standar pelayanannya supaya setara dengan jaringan hotel sehingga pada akhirnya akan meningkatnya okupansi. Sangat kuatnya komitmen perusahaan tersebut untuk mengembangkan Indonesia dan ingin bertahan lama di Indonesia.

Sebelum meresmikan kehadiran Oyo, pihaknya telah melakukan berbagai riset terlebih dahulu mulai dari kondisi pasar, sosial, hingga regulasinya. Oyo secara perlahan lahan mulai merintis kiprahnya dengan badan hukum PT Oyo Rooms Indonesia. Di Indonesia, Oyo ini mulai beroperasi sejak Februari 2018 lalu. Hingga saat ini Oyo telah menggandeng lebih dari 30 pemilik property yang telah terinventarisasi dan 1000 kamar yang tersebar di 3 kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Palembang. Mereka menawarkan harga mulai dari Rp. 149 ribu. Adhi Persada merupakan salah satu mitra property yang dikelola Oyo. Dimana Adhi Persada ini merupakan anak usaha perusahaan pelat merah Adhi Karya.

Oyo untuk berikutnya akan memperluas kehadirannya di 35 kota yang ada diseluruh Indonesia termasuk di Yogyakarta, Bandung, dan juga Bali dalam 15 tahun kedepan. Oyo memiliki ambisi ditahun 2020 nanti dapat merekrut lebih dari 60 ribu karyawan diberbagai daerah untuk memperkuat sektor perhotelan seperti pekerjaan untuk front office, jasa catering, dan juga house keeping. Mereka memiliki prinsip dimana 3 kamar hotel dapat memperkerjakan satu orang tenaga kerja. Semakin banyaknya kamar pastinya akan dapat membuka semakin banyaknya lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.