Microsoft DisplayCover Bikin Interaksi dengan Tablet Tanpa Sentuhan

Saat ini sudah banyak laptop 2 in-1 yang layarnya juga berfungsi sebagai tablet. Suatu waktu saat diperlukan layar perangkat tersebut dapat dilepas dan dapat dipasang lagi dengan keyboard untuk aktivitas mengetik yang lebih nyaman. Ketika dalam posisi keyboard terpasang, Anda tentunya tetap dapat berinteraksi dengan layar dengan sentuhan, namun hal ini nyatanya dapat mengganggu aktivitas mengetik karena mau tak mau kita pun harus melepas tangan dari keyboard itu.

Sebuah proyek (masih dalam tahap purwarupa) dari Microsoft yakni DisplayCover menawarkan alternatif interaksi. Yakni menempatkan layar e-ink yang dapat disentuh di bagian keyboard. Fungsinya adalah sebagai media interaksi dengan layar (dalam hal ni tablet) sehingga Anda tak harus mengangkat tangan jauh dari keyboard.

DisplayCover juga dapat menerima input dari stylus.
DisplayCover juga dapat menerima input dari stylus.

Dalam versi purwarupa ini, DisplayCover t terhubung dengan tablet Microsoft yakni Surface dan terintegrasi pada keyboard portabel. Bisa dilihat sendiri pada gambar, di bagian atas layout keyboard terdapat layar berukuran 1.280 x 305 piksel yang secara default menampilkan shortcut aplikasi dalam bentuk tile seperti di layar Start. Nantinya Anda dapat men-tap tile tersebut untuk membuka aplikasi yang diinginkan. Tak hanya shortcut aplikasi saja yang ditampilkan, tetapi DisplayCover juga menyesuaikan diri dengan aplikasi yang sedang aktif. Seperti misalnya ketika Anda menjalankan Photoshop, DisplayCover menampilkan toolbar Photoshop. Atau menampilkan thumbnail foto dalam slideshow ketika Anda membuka folder berisi foto-foto.

Fungsi lainnya adalah menerima input kontrol gestur. Jadi Anda dapat melakukan fungsi pinch-to-zoom untuk melakukan proses zoom in atau out, sehingga dalam hal ini DisplayCover menggantikan peran touchpad.

Saat ini DisplayCover masih berada dalam tahap purwarupa, dan Microsoft sendiri belum berencana untuk memproduksinya secara massal. Yang pasti karena menggunakan teknologi e-ink pada layar DisplayCover, konsumsi dayanya termasuk rendah.

Perangkat ini masih prototif, tapi tampaknya cukup menjanjikan karena memiliki banyak hal yang ditawarkan. Cover keyboard Microsoft telah menjadi aksesori penting sejak awal tablet Surface dari Microsoft. DisplayCover baru ini akan sangat membantu bagi pengguna yang memilih tablet untuk melakukan beberapa karya nyata.