Haid Tidak Lancar? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

Faktor haid tidak lancar bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, terutama apabila hormon estrogen anda terganggu. Faktor hormonal ini biasanya berkaitan erat dengan pemakaian kontrasepsi, masa pubertas, atau menopause.

Rata-rata menstruasi berjarak antara 28-35 hari, dan berlangsung antara 3-7 hari. Namun, ada pula orang yang mengalami haid hingga 15 hari. Itu masih normal. Apabila haid melebihi 15 hari, maka anda perlu cemas karena ini bisa dikategorikan haid tidak lancar menurut dokter. Tidak lancar di sini berarti tidak normal.

Stress & Kecemasan Tinggi

Di luar faktor hormonal, ada beberapa faktor haid tidak lancar lainnya yang harus anda ketahui. Yaitu, stres dan kecemasan tinggi. Semula level hormon anda stabil dan seimbang, namun karena stres, kelelahan, gaya hidup buruk, maka hormon stres anda, atau biasa disebut kortisol, menjadi berlebih. Hal ini bisa menyebabkan terganggunya produksi hormon estrogen dan menyebabkan haid tidak lancar menurut dokter.

Diet yang Buruk

Diet yang buruk juga bisa menjadi salah satu faktor haid tidak lancar. Terutama, bagi anda yang menjalani diet ketat. Tubuh yang kekurangan nutrisi akut akan mengalami kesulitas memproduksi sel telur, akibatnya, haid tidak lancar menurut dokter. Atau, bisa juga terjadi hal yang sebaliknya. Diet buruk dengan konsumsi karbohidrat dan lemak berlebihan bisa menyebabkan obesitas. Nah, kenaikan massa tubuh secara tiba-tiba bisa juga menyebabkan haid tidak lancar.

Olahraga Berlebihan

Olahraga yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. Berolahraga idealnya 30 menit sehari, atau 1 jam bila dilakukan seminggu 3 kali. Nah, wanita yang kecanduan olahraga dan menghabiskan waktunya di gym hingga berjam-jam sehari berisiko mengalami menstruasi yang tidak lancar. Bahkan, olahraga yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan berhentinya menstruasi sama sekali.

Kapan Harus ke Dokter?

Anda harus mengunjungi dokter apabila haid anda yang semula lancar setiap bulan menjadi berubah tidak lancar. Bagi mereka yang sejak masa puber sudah biasa mengalami haid tidak lancar, atau haid sering datang terlambat hingga 2-3 bulan, mungkin tidak perlu cemas. Namun, bagi anda yang mengalami perubahan pola haid, sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter. Konsultasikan semua keluhan anda kepada dokter dan minta pemeriksaan menyeluruh.