Menjaga Kesehatan Balita Agar Tidak Mudah Sakit

Sebagai orang tua pastilah anda sangat memperhatikan kesehatan buah hati anda, terutama yang masih balita. Hal ini dikarenakan balita masih sangat rentan terkena berbagai serangan penyakit. Anti bodi atau sistem imun mereka juga belum terlalu kuat, hingga balita sering terserang demam, flu, atau pun batuk pilek. Apalagi di musim pancaroba ini, terkadang panas atau hujan. Belum lagi masalah polusi yang sudah semakin parah. Untuk itu pentingnya menjaga kesehatan balita anda harus diperhatikan dengan baik.

Biasanya kita sebagai orang tua menjaga kesehatan anak dengan mengurung mereka di rumah. Dengan begitu anak akan terhindar dari segala bahaya polusi dan kuman dari luar. Namun cara tersebut terkadang malah membuat anak menjadi tidak aktif dan juga akan mengganggu sikap sosial mereka. Untuk itu memang tak baik juga jika terlalu protektif dengan melarang anak bermain di luar. Mengingat di usia  yang masih balita, mereka membutuhkan masa anak-anak dengan bermain bersama teman-teman. Oleh karena itu cara efektif agar anak-anak anda tetap bisa bermain adalah dengan lebih menjaga kesehatan. Tetapi dengan cara yang lebih bijak.

  • Menjaga Pola Makan

Biasanya jika masih di usia balita, anda pasti mengawasi betul anak anda. Terutama ketika mereka bermain di luar bersama teman-teman. Nah, jangan hanya sibuk mengawasi mereka bermain, tetapi anda bisa ikut menjaga pola makannya. Hal ini dikarenakan anak anda biasanya akan lupa waktu makan jika sudah bermain. Anda bisa sambil menyuapi mereka, kalau memang anak anda susah diberhentikan sejenak. Dengan begitu waktu makan anak anda tidak akan terganggu. Energi anak amda juga tidak akan mudah lelah jika waktu makannya tepat.

  • Memperhatikan Kebersihan

Balita di usianya yang masih belum bisa mengerti apakah mainan tersebut kotor atau tidak, membuat banyak orang tua cemas. Apalagi daya tahan tubuh mereka yang belum optimal, akan sangat berbahaya jika menelan makanan yang terkena kuman. Untuk itu anda harus bisa memberi tahu anak anda. Meskipun mereka masih balita, namun selalu mengingatkan anak anda tak ada salahnya. Apalagi virus yang sekarang banyak bermunculan bisa dengan mudah menyerang kesehatan balita jika anda tak cermat. Ingatkan saja untuk selalu cuci tangan dengan sabun jika habis memegang mainan, atau ketika bermain di luar.

  • Mengonsumsi Sayuran Dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Apalagi jika sayuran dan buah-buahan ini dikonsumsi anak anda setiap hari. Namun faktanya anak yang masih balita tidak suka mengonsumsi sayur dan buah. Ada yang mengatakan tidak enak atau aneh rasanya. Tetapi anda sebagai orang tua jangan menyerah. Jika anda menyerah maka kesehatan anak akan mudah terganggu. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat makanan yang mereka sukai, tetapi di dalamnya terdapat sayur atau buah. Misalnya membuat crepe isi buah atau telur mata sapi dengan campuran sayuran.

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan balita selain pemaparan di atas. Salah satunya berolahraga dengan mengajak mereka berjalan kaki atau berenang. Menghindari mereka mengonsumsi junkfood juga bisa anda lakukan. Contohnya dengan mengawasi anak anda untuk tidak memakan makanan cepat saji, apalagi makanan instan. Jajanan yang mengandung Msg juga harus anda perhatikan. Mengingat anak di usia balita sangat tertarik dengan makanan yang mempunyai kemasan menarik.