Menikmati Keindahan Dunia Bawah Laut Sumatra Barat

Setelah lama dikenal dengan wisata di daratan, ternyata provinsi Sumatra Barat juga memiliki potensi wisata bahari. Setidaknya ada 17 pulau kecil berpasir putih dengan ekosistem terumbu karang yang masih terjaga di wilayah lautan Kota Padang yang sangat potensial dijadikan destinasi wisata. Sejak beberapa tahun terakhir, wisata bahari di daerah ini terus digenjot.

Pulau yang layak Anda kunjungi adalah Pulau Pasumpahan dan Pulau Pagang. Untuk menuju lokasi, Anda harus melalui Bungus Teluk Kabung yang ditempuh sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Padang. Dari Bungus, tujuan pertama Anda adalah Pulau Pasumpahan yang dicapai sekitar 45 menit menggunakan kapal boat. Pulau Pasumpahan adalah pulau yang berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Pulau itu berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai yang sebelumnya memiliki resor megah, tetapi karena kesalahan manajemen tak lagi terurus. Pulau Pasumpaham memiliki objek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang masih terjaga. Kita bisa menikmati keindahan pantainya yang bersih dan alami.

Perjalanan dapat Anda lanjutkan ke Pulau Pagang yang berjarak sekitar 15 menit dari Pulau Pasumpahan. Sama seperti pulau sebelumnya, pasir putih dan halus serta airnya yang jernih membuat Anda tak akan kuasa menolak hasrat untuk segera bersnorkeling ria.

Agar bisa menikmati keindahan terumbu karangnya, Anda tak perlu berenang jauh ke tengah, cukup di bibir pantai. Berbagai ikan karang berwarna-warni berseliweran di sekitar Anda. Anda yang awalnya mungkin tak berencana snorkeling, tak kuasa untuk tidak menceburkan diri.

Ada beberapa pulau yang memang memiliki lokasi penyelaman, antara lain Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pjuidan. Ada juga kawasan lain yang menawarkan pengalaman tak kalah asyik, yaitu Mandeh. Mandeh merupakan kawasan wisata yang telah masuk Induk Pembangunan Pariwisata Nasional pada 2004. Keindahan bawah laut di kawasan itu juga kian menarik hati pengunjung dengan adanya bangkai kapal Belanda yang tengggelam di sana. Kapal bernama Boelongan itu telah tenggelam pada zaman penjajahan Belanda tempo dulu.