Clutch bag merupakan salah satu model tas yang banyak dipilih terutama oleh wanita. Tas ini mempunyai ukuran yang kecil sehingga dapat untuk tempat beberapa barang saja seperti dompet dan juga handphone. Biasanya tas model clutch ini sangat sering digunakan untuk ke pesta dan juga acara resmi karena membuat penggunanya terlihat lebih anggun. Ketika akan memilih clutch sama seperti tas lainnya yaitu dengan memperhatikan beberapa hal. Seperti memperhatikan mereknya, harganya, desainnya, warna yang akan dipilih, dan tentu saja dari bahan yang digunakan oleh tas tersebut. Dimana ada beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk membuat tas clutch yang ada di pasaran. Misalnya pilihan beberapa bahan clutch tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan kulit

Bahan pertama yang bisa digunakan dan paling banyak disukai karena dapat untuk membuat tampilan clutch yang mewah adalah bahan kulit. Bahan kulit ini mempunyai dua pilihan yang ada di pasaran yaitu bahan kulit asli dan juga sintetis. Seperti yang diketahui bahwa bahan kulit yang asli akan mempunyai kualitas tas yang baik karena tidak mudah rusak, mempunyai bahan yang halus, dan juga membutuhkan perawatan yang kompleks. Selain itu juga untuk bahan yang asli akan mempunyai harga tas yang lebih mahal dan bisa digunakan untuk tas investasi. Sedangkan untuk clutch dengan bahan kulit sintetis akan mempunyai keunggulan dari harga yang murah walaupun kualitasnya tidak terlalu baik.

  • Bahan satin

Bahan clutch selanjutnya yang dapat dipilih adalah bahan satin yang mempunyai beberapa keunggulan. Keuntungan pertama yang ditawarkan oleh bahan ini adalah mempunyai bahan lembut sehingga akan membuat tas tersebut nyaman bersentuhan dengan tangan. Selain itu keunggulan lain dari bahan ini adalah mempunyai tampilan yang berkilau. Sehingga tas dari bahan satin ini sangat cocok digunakan untuk ke pesta karena mempunyai tampilan yang glamor dan mewah.

  • Bahan beludru

Jenis bahan selanjutnya yang dapat dipilih adalah dari beludru yang menawarkan banyak keunggulan. Tas dari bahan beludru adalah dari bahan sutera atau katun sehingga mempunyai kualitas tas yang baik. Clutch dari bahan tersebut akan mempunyai kualitas tas yang baik dan sangat lembut. Sehingga menjadi salah satu tas yang banyak dipilih terutama untuk penggemar tas model clutch karena tergolong sebagai barang mewah dan mempunyai harga tinggi di pasaran.

  • Bahan sutera

Bahan lainnya untuk membuat tas model clutch yang dapat dipilih adalah bahan sutera. Bahan ini mempunyai banyak sekali keunggulan yang bisa didapatkan seperti mempunyai bahan yang lembut. Tetapi selain itu bahan ini juga terkenal sebagai bahan yang kuat sehingga menghasilkan tas yang tidak hanya menarik secara tampilan tetapi juga yang awet digunakan. Keunggulan lainnya dari tas bahan ini adalah mempunyai perawatan yang mudah karena cukup dilap dengan kain dan juga cairan pembersih saja agar tetap mempunyai tampilan seperti baru.

  • Bahan manik-manik

Dan bahan clutch bag selanjutnya yang dapat dipilih adalah dari bahan manik-manik. Tas ini mempunyai aksen integral yang menggunakan manik-manik baik yang berkilau ataupun dari mutiara. Jenis ini biasanya banyak dipakai oleh wanita yang ingin mempunyai tampilan clutch yang mencolok dan sangat cocok untuk dibawa ke pesta malam yang glamor. Selain itu manik-manik yang dipakai nantinya juga akan turut untuk mempengaruhi murah atau mahalnya tas yang bisa dibeli.