Mengenal hubungan antara musik dengan kesehatan

Assalamu ‘alaikum… Salam sejahtera bagi kita semua,

Masih dari penulis, persembahan tentang artikel kesehatan. Kali ini penulis ingin menjelaskan apa hubungan musik dan kesehatan. Penasaran? Langsung aja simak pembahasan berikut ini!

Apa Hubungan Musik dan Kesehatan?

Tentu pembaca sekalian masih berandai-andai apa sih keterkaitan musik dengan kesehatan. Padahal menurut Wikipedia Indonesia, kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Dari pengertian itu kesehatan merupakan hal yang utama dalam hidup, lalu yang menjadi pertanyaan apa hubungannya dengan musik? Biar semakin penasaran yuk saya kasih pertanyaan.

  1. Apakah Anda mendengarkan musik ketika lelah?
  2. Apakah Anda mendengarkan musik ketika bosan?
  3. Apakah Anda mendengarkan musik ketika marah atau panik?

Dari ketiga pertanyaan psikologis tersebut penulis menyimpulkan mayoritas menjawab YA, betul tidak? Hehe.. Dari situ juga dapat disimpulkan kalau musik itu tak kalah penting dalam kegiatan Anda. Nah sekarang sudah mulai agak ada cahaya ya? Kog bisa musik dan kesehatan berhubungan. Lanjut kita akan mengkaji manfaat musik bagi kesehatan. Cekidot!

Manfaat Musik bagi Kesehatan

Setelah membahas sedikit hubungan antara musik dengan kesehatan, penulis akan menguraikan manfaat musik bagi kesehatan. Berikut sedikit manfaat musik bagi kesehatan:

Meningkatkan Mood atau Suasana Hati

Kenapa begitu? Ya karena ketika Anda mendengarkan musik otomatis jiwa Anda akan bergerak mengikuti alunan musik, tak cuman itu mood Anda lama-lama akan terbangun kembali dan bisa mulai tersenyum. Di saat ini, musik sedang dikembangkan untuk pengobatan trauma psikis. Jadi tak tanggung-tanggung untuk manfaat musik, namun untuk terapi musik harus sesuai dengan suasana. Mulai dari musik slow lalu sedang lalu rock insyaallah mood Anda akan kembali bergairah.

Membantu Lebih Fokus

Musik merupakan untain kata yang bernada, ketika Anda mulai mendengarkan musik maka fokus Anda akan mulai terbentuk secara berkala. Fokus saat mendengarkan musik akan otomatis terlati, mengapa? Karena saat Anda mendengarkan musik pasti Anda akan mencari pesan tersirat dari musik itu. Silahkan dicoba hehe..

Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Nah dengan musik kesehatan mental juga akan lebih membaik, buktinya apa gan? Buktinya ketika Anda mulai panik atau lelah dan bosan serta tidak percaya diri, maka Anda harus mendengarkan musik yang bertempo sedang-cepat yang bisa membuat hati dan otak Anda ikut merasakan ketukan-ketukan dari musik itu. Setelah terbiasa maka kesehatan mental Anda lambat laun akan membaik. Namun semua itu perlu ketekunan dan kesabaran ya!

Kesehatan Memori

Kesehatan memori memang sering dikeluhkan oleh orang tua, tak hanya orang tua remaja pun mengalaminya kenapa? Karena mungkin seseorang cenderung terlalu banyak fikiran (terfosir) pada hal-hal baru jadi memori lama akan hilang. Sebenarnya memori tidak hilang namun sembunyi saja. Untuk mencoba mengingat memori, coba Anda mendengarkan musik sendu karena dengan begitu otak Anda akan fresh dan mudah untuk mencari pengetahuan yang sudah Anda rekam sebelumnya.

Mempercepat Pemulihan Kesehatan Bayi Lahir Prematur

Yaps mempercepat pemulihan kesehatan bayi lahir prematur, mengapa begitu? Tentu saya bayi yang prematur rata-rata dilahirkan belum atau malah terlalu lama dalam kandungan. Jadi fisiknya pun belum terlalu kuat dan sangat rentan. Untuk mengatasinya, musik bisa meningkatkan kerja jantung bayi yang akan menambah kekuatan jantung juga merembet kekuatan lahir lainnya. Memang ya kalau semua usaha itu tak bisa dipetik dengan sekali jalan. Banyak jalan yang harus dicoba.

 

Kesimpulan:

Dari ratusan uraian kata di atas dapat disimpulkan bahwa musik sangat berhubungan erat dengan kesehatan. Berawal dari kesehatan psikis akan mempengaruhi kesehatan tubuh dari kepala sampai kaki. Dengan musik akan menenangkan mental dan suasana hati Anda dan akan bersemangat lagi dalam melakukan hal-hal fisik yang tentunya positif seperti olahraga yang akan membuat tubuh bukan bagian otak saja namun keseluruhan akan mengikuti betapa besarnya manfaat musik bagi kesehatan. Semoga dengan sedikit ilmu yang penulis bagikan dapat bermanfaat dan dapat dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi. Sekian dan terimakasih!

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan