Mengenal Faktor yang mempengaruhi Kebutuhan dalam ilmu ekonomi

Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhannya.
Apa sih yang dimaksud dengab Kebutuhan ? . Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka mensejahterakan hidupnya. Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan.Ketika seseorang membutuhkan sesuatu pertanda ada kekurangan dalam dirinya baik berupa barang ataupun jasa. Orang merasa lapar pasti makan ,orang sakit ingin sembuh dan itu semua termasuk salah satu contoh kebutuhan. Berikut beberapa Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diantaranya adalah :
1. Keadaan alam
Orang yang tinggal di daerah kutub yang sangat dingin membutuhkan pakaian tebal yang bisa membuat tubuhnya hangat,adapun kita yang tinggal di daerah tropis tidak membutuhkan pakaian tebal melainkan pakaian yang tipis.
2. Peradaban baru
Makin tinggi peradaban maka makin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan . Tentunya kamu pernah belajar sejarah. Cobalah kamu amati kebutuhan pada masa primitif dengan kondisi masayarakat sekarang . Kebutuhan primitif lebih mementingkan kebutuhan primer dan itu juga sangat sederhana. Untuk makanan misalkan , mereka hanya tinggal mengambil dari hutan atau sekitar dimana mereka tinggal.
Bagaimana dengan masyarakat sekarang ? Seiring dengan majunya peradaban daftar kebutuhan semakin meningkat . Zaman dahulu belum terfikir handphone ,tv dan kaomputer itu penting. Bagaimana dengan sekarang ? Tanpa memiliki barang-barang elektronik akan terasa kurang lengkap dan ini merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
3. Tradisi masyarakat dan adat
Adat atau tradisi masyarakat berpengaruh besar dalam kebutuhan masyarakat. Alasan sederhananya karena suatu adat atau tradisi akan mempolakan baij prilaku ataupun tujuan kelompok masyarakat yang bersangkutan. Misalnya , tradisi upacara perkawinan, mudik lebaran dan tradisi lainnya. Sehingga kegiatana seperti ini juga akan berpengaruh terhadap nilai kebutuhan manusia.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan