Memilih Susu Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Memilih susu bayi yang bagus sebagai pengganti Air susu ibu (ASI) bukanlah pekerjaan mudah. Sebab kalau tidak cocok, bayi bisa saja alergi dan kebutuhan tumbuh kembang bayi tidak akan terpenuhi. Sayangnya, bagi beberapa wanita memberikan susu pengganti ASI harus mereka lakukan karena alasan tertentu. Semisal produksi ASI yang sedikit. Maka memberikan bayi susu formula adalah pilihan yang harus dilakukan.

Memilih Susu Formula Yang Bagus Untuk Bayi Di bawah 1 Tahun

Nah, bagi kamu para ibu-ibu yang hendak menggunakan susu formula untuk bayi kamu, tak ada salahnya perhatikan beberapa ulasan tips berikut. Ada beberapa hal yang harus jadi perhatian saat kamu memilih asupan tambahan bagi bayi selain asi. Ingat, ada banyak sekali susu formula untuk bayi yang beredar di pasaran.

Memilih jenis susu formula tertentu untuk bayi yang baru lahir atau masih berusia di bawah 1 tahun, bukanlah pekerjaan mudah. Sebab bayi  tersebut, sebenarnya belum boleh menerima asupan makanan sembarangan. Yang paling direkomendasikan hanyalah ASI. Tidak yang lain. susu formulapun tidak boleh sembarangan. Hal ini karena bayi belum bisa mencerna secara sempurna. Jika kamu ingin memilih susu bayi yang bagus untuk bayi yang masih di bawah satu tahun, berikut caranya:

  1. Periksa Kandungan Bukan Merek

Ada banyak susu formula yang beredar bagi bayi, dan semuanya mengaku sebagai merek terbaik yang cocok untuk bayi. Kamu jangan sampai tergiur dengan iklan. Juga banyak susu formula dengan harga yang sangat mahal, kamupun tidak boleh tergiur dengan harga. yang harus kamu perhatikan adalah merek. Beberapa merek seperti friso, mungkin bisa jadi pilihan kamu.

Pada dasarnya, pada susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun, pasti terdapat kandungan nutrisi seperti lemak, vitamin, protein, karbohidrat, dan mineral.

  1. Pilih Jenis Susu Sapi

Dengan kandungan yang hampir sama pada semua susu formula, mereka biasanya dibedakan atas jenisnya. Perhatikan saja bahwa dalam kemasan tersebut tertulis pernyataan bahwa produk susu formula yang hendak kamu beli cocok untuk bayi di bawah satu tahun. Ada baiknya kamu pilih jenis susu formula yang berasal dari susu sapi.

  1. Perhatikan Jenis Protein

Jenis protein yang ada dalam susu formula, itu tidak hanya satu. Maka kamu harus memperhatikanya ketika hendak membeli. Protein susu formula yang berasal dari susu sapi, itu ada dua jenis. Whey dan Casein. Nah, pilihlan yang jenis Whey, sebab jenis ini banyak direkomendasikan dan mudah dicerna. Atau, kamu juga bisa memilih susu formula yang menggabungkan kedua jenis protein itu. Hanya saja, protein whey harus lebih tinggi. bisa 60 berbading 40, yang dipercaya setara dengan ASI.

Kalaupun nanti ketika kamu coba bayi tidak menyukainya, atau malah memiliki respon yang tidak baik, seperti lems, diare atau bahkan hingga muntah. Jangan ragu untuk mengganti susu formula dengan merek lain.

  1. Hindari susu formula dari kedelai

Meski banyak dikatakan bahwa susu formula dari kedelai bisa jadi pengganti susu formula dari susu sapi bagi bayi yang alergi susu sapi. Kenyataan ya tidak demikian. Umumnya, bayi akan alergi dengan susu formula kedelai bila ia alergi susu sapi. Dan para ahli juga tidak merekomendasikan pemberian susu formula dari kedelai bagi bayi di bawah 6 bulan. Jadi hindari jenis susu formula kedelai saat memilih susu bayi yang bagus.