Memetik Manfaat Latihan Yoga Bagi Perempuan

Olah tubuh yoga sebenarnya diperuntukkan bagi siapa saja. Tak mengenal usia, latar belakang, juga jenis kelamin. Akan tetapi, dalam perkembangannya, yoga lebih populer dilakukan kaum perempuan. Selain gerakannya yang secara umum perlahan, ada banyak manfaat yoga yang bisa dirasakan kaum Hawa.

Bukan berarti yoga tak baik dilakukan oleh kaum pria. Namun, ada manfaat tertentu yang bisa dirasakan kaum perempuan. Ada beberapa alasan mengapa yoga banyak diminati perempuan. Salah satunya, olah tubuh dengan yoga bisa memberikan waktu berkualitas bagi diri sendiri.

Perempuan dikenal sebagai makhluk yang multitasking. Untuk ibu rumah tangga, predikat multitasking itu diperoleh karena merawat anak, mengurus kebutuhan rumah tangga, merawat suami, hingga menjadi pengatur keuangan keluarga. Untuk perempuan yang bekerja di luar rumah, tugasnya bertambah karena harus melakukan pekerjaan yang diberikan perusahaan sesuai tanggung jawab masing-masing.

Intinya, sebagian besar waktu perempuan dihabiskan untuk mengurus orang di luar dirinya. Itu sebabnya, kegiatan positif yang dilakukan agar bisa menikmati diri sendiri sehingga menimbulkan perasaan nyaman, seimbang, fokus, dan relaks, sangat dibutuhkan.

Yoga bisa memberikan perasaan itu karena lewat gerakan-gerakan yang dilakukan, juga bisa menyeimbangkan perawatan terhadap diri sendiri dengan perawatan terhadap orang yang mereka sayangi.

Idealnya, yoga bisa dilakukan dua kali dalam seminggu, dengan durasi waktu masing-masing 90 menit. Akan tetapi, jika didera kesibukan, seseorang bisa melakukannya minimal satu kali dalam seminggu, dalam durasi waktu yang sama.

Ada beberapa manfaat yoga bagi perempuan yang selama ini banyak dirasakan. Pertama, yaitu mengurangi stres. Aneka gerakan yang dilakukan saat berlatih yoga menekankan pada konsentrasi yang dapat memberi pengaruh positif karena membawa ketenangan pikiran.

Dengan begitu, beberapa teknik meditasi juga bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran dan mental. Konsentrasi, bisa menjadi sarana relaksasi pikiran. Saat berkonsentrasi, masalah sehari-hari, baik besar maupun kecil, juga akan mencair sehingga orang yang berlatih yoga akan semakin jauh dari tekanan stres.

Manfaat kedua adalah memperbaiki postur tubuh dan menurunkan berat badan. Jika dilakukan dengan benar disertai latihan olah pernapasan, seperti olah raga lain banyak kalori yang akan terbakar di dalam tubuh saat melakukan yoga. Selain itu, keselarasan yang terjadi di dalam tubuh akibat yoga juga dipercaya meningkatkan gairah seksual, terutama pada wanita.

Untuk kaum perempuan, yoga juga mendatangkan manfaat selama kehamilan secara umum antara lain meningkatkan keseimbangan, meningkatkan kelenturan, mengurangi rasa pegal dan mempersiapkan tubuh supaya lebih siap mendekati proses kelahiran.

Ada manfaat latihan yoga lainnya yang bisa dirasakan oleh perempuan paruh baya ketika rutin berlatih yoga. Olah tubuh dipercaya bisa meminimalisasi keluhan saat memasuki masa menopause. Hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin berlatih yoga atau aktivitas lain yang lebih moderat seperti berjalan secara teratur, lebih mudah tidur, lebih menjauhkan diri dari stres, serta lebih minim merasakan gejala menopause seperti perasaan panas, berkeringat, dan denyut jantung yang lebih terpacu.