Pastikan Anda Membeli Rumah dengan Bijaksana

Jual beli properti real estate, terutama rumah, merupakan tugas profesional yang membutuhkan kemampuan pertimbangan yang sangat cermat dan kecakapan sepanjang keseluruhan proses. Tidak penting apakah ada rumah dijual di Alaska, atau ada rumah dijual di Bekasi; memberikan perhatian lebih pada website real estate Rumah sangatlah penting.

Anda juga mungkin memerlukan beberapa petunjuk untuk memandu Anda di daerah asing dan membantu Anda sukses dalam membeli rumah impian seumur hidup. Pada artikel ini, pembaca akan menemukan sepuluh cara jitu bagaimana membeli rumah dengan bijaksana.

Tips 1: Mengenal Pasar Lokal

Pertama, dapatkan pengetahuan yang terperinci mengenai pasar lokal. Cari tahu apakah pasar tersebut cepat, stagnan atau cenderung menurun. Namun, bagaimana Anda dapat memahami tren ini? Beberapa mengatakan Anda harus memeriksa semua papan di lingkungan yang menunjukkan berapa banyak rumah yang dijual di berbagai interval. Money Wise menyarankan untuk melihat website real estate secara online untuk mendapatkan bantuan. Biasanya penjualan yang terjadi dalam waktu dua sampai empat minggu menunjukkan pasar yang bergerak cepat.

Tips 2: Memiliki Dana yang Cukup untuk Membeli

Membeli rumah di Indonesia sama seperti di tempat lain di mana memiliki dana yang siap digunakan dianggap penting. Anda tidak ingin membiarkan penjual menunggu uang deposit. Menyiapkannya dan buat kesepakatan sebelumnya dengan agen real Anda tentang bagaimana Anda berniat untuk melakukan pembayaran akhir pada vendor. Anda juga harus menyediakan biaya insidental yang berkaitan dengan rumah.

Tip 3: Carilah Pilihan yang Berbeda

Kadang-kadang, keadaan darurat bisa muncul di mana dana yang telah Anda simpan untuk acara khusus terbukti tidak mencukupi dan gagal memenuhi harga tertinggi penjual. Di Indonesia, situasi ini dapat diselesaikan dengan berbagai cara. Sering kali, tersedia pinjaman untuk meningkatkan keuangan Anda, tetapi jika metode ini terbukti tidak terkendali, mungkin ada skema keuangan dengan pembayaran bunga yang ketat untuk pinjaman. Kadang-kadang, pemerintah dapat membantu Anda menemukan jumlah yang dibutuhkan untuk membayar sejumlah tambahan seperti yang mereka lakukan di negara-negara barat dengan Help to Buy Scheme.

Tip 4: Pelajari Berbagai Jenis Rumah yang Tersedia

Anda akan terkagum-kagum pada berbagai jenis, gaya, dan keanggunan dari beberapa rumah yang tersedia yang dijual di dalam negeri. Rumah-rumah dengan karya arsitektur yang luar biasa akan menggoda Anda untuk melakukan pembelian pada pandangan pertama. Bersabarlah dan lihat semua rumah lain yang tersedia, sehingga Anda dapat memilih salah satu dari mereka.

Tip 5: Lihatlah ke Masa Depan

Drew Scott, seorang ahli real estate mengatakan perspektif jangka panjang adalah pendekatan yang jauh lebih baik daripada hanya memikirkan apa yang terjadi setelah Anda melakukan pembelian Anda ketika sesuatu yang tak terduga terjadi. Anda bisa kehilangan pekerjaan Anda, memutuskan untuk memiliki anak, bercerai atau terdapat kematian dalam keluarga. Pendanaan kembali atau menyewa rumah atau kamar tidur bisa jadi solusi ideal.

Tip 6: Hitung Nilainya

Setelah Anda memutuskan untuk melakukan pendanaan kembali, jual atau sewakan rumah Anda untuk mengumpulkan dana atau memperoleh penghasilan yang lebih banyak. Bukalah Internet untuk mengidentifikasi properti serupa yang telah dijual dan berapa harganya. Ini akan memberi Anda beberapa gagasan tentang berapa kira-kira harga yang akan Anda dapatkan untuk menjual rumah Anda. Jangan lupa untuk menyertakan biaya kepindahan Anda.

Tip 7: Jual dan Sewa Secara Bersamaan

Saat Anda menjual rumah Anda, masalah menemukan akomodasi pasti muncul. Anda memiliki dana dari penjualan Anda, tetapi uang tersebut bisa berguna jika Anda kemudian memilih untuk membeli rumah lain.

Menyewa dapat menjadi strategi yang ideal terutama jika Anda tidak yakin apakah Anda harus pindah untuk pekerjaan baru dalam waktu dekat. Jika Anda memilih untuk menyewa, Anda akan selalu memiliki kesempatan membeli rumah di kemudian hari.

Tip 8: Membersihkan Rumah Anda

Hal pertama yang dicari pembeli adalah kebersihan, keanggunan, dan dekorasi rumah yang akan dibeli. Jangan memberikan ruang untuk barang-barang yang harus dibuang dan bersihkan setiap kamar secara menyeluruh sehingga interior dan eksterior rumah sangat bersih untuk penjualan.

Tip 9: Agen Real Estate Handal adalah Segalanya

Memiliki agen real estate yang mampu membantu Anda saat Anda berusaha menjual atau membeli sangat penting. Memang benar bahwa pemburu rumah akan menjadi yang pertama untuk melihat properti Anda secara online, tetapi pemasaran biasanya ditangani oleh agen real yang berpengetahuan dan efisien. Agen adalah penyedia kontak dan umpan balik utama Anda untuk penjualan atau pembelian rumah Anda.

Tip 10: Selesaikan Masalah Hukum Terlebih Dahulu

Aspek hukum yang terkait dengan pembelian atau penjualan properti dapat terjadi selama beberapa minggu. Ini akan berjalan mulus jika rintangan hukum ditangani dan diselesaikan sejak awal.