Membangun Rumah Dengan Budget Minim

Sebuah hunian agaknya memang harus disesuaikan dengan keinginan sang pemilik. Apalagi bagi anda yang sedang berencana membangun rumah pribadi bagi keluarga kecil anda. Perlu kiranya menjadikan rumah pertama anda etrsebut menjadi istana yang penuh kehangatan untuk keluarga. Namun, saat ini membangun rumah tidak hanya dibutuhkan kesiapan dalam hal desain atau lahan, akan tetapi lebih kepada teknis dan anggaran. Ya, membangun rumah impian pasti membutuhkan budget yang lumayan besar, apalagi saat ini harga material bahan bangunan sudah jauh berbeda setiap tahunnya. Beberapa orang bahkan terhambat rencananya dalam membangun rumah karena budget yang masih dinilai kurang. Bagaimana dengan anda? Jangan terpaku pada anggaran, karena semua pasti ada solusinya. Berikut ini adalah beberapa trik untuk membangun rumah dengan budget minim yang dapat anda praktikkan. Simak ya!

Baca Juga : Gangnam District, Hunian Modern Baru Terbaik di Bekasi

  • Totalitas Anggaran

Untuk anda yang ingin membangun rumah, tentunya rencana ini sudah jauh-jauh hari anda pikirkan. Setidaknya anda sudah menyiapkan dana pokok yang berasal dari tabungan pribadi anda, serta merencanakan pinjaman baik melalui kolega atau lewat lembaga keuangan. Hal yang perlu dicatat adalah sesuaikan pinjaman dengan kemampuan anda setiap bulannya. Jangan meminjam demi pembangunan secara menyeluruh karena hasilnya bisa tidak maksimal. Dahulukan bagian-bagian yang penting untuk dibangun seperti atap, toilet, instalasi air dan listrik, serta keramik.

  • Desain dan Konsep Rumah

Dana yang terbatas hendaknya disiasati dengan gaya atau keinginan yang tidak terlalu berlebihan. Saat ini banyak konsep hunian dengandesain minimalis yang cocok bagi anda yang memiliki dana terbatas. Dengan konsep minimalis sebenarnya sudah cukup menunjang segala kebutuhan keluarga kecil anda. Selain itu, pembuatan ruangan multifungsi juga dapat menjadi pilihan untuk menghemat ruang serta anggaran.

  • Perencanaan Anggaran

Saat konsep bangunan sudah ada dalam benak anda, saatnya merencanakan anggaran secara detil. Anda bisa memulai menghitung kebutuhan untuk juru bangunan, material serta berbagai pengeluaran tidak terduga yang bisa saja muncul saat pembangunan berlangsung. Konsultasikan besarnya anggaran dengan juru bangunan atau tukang agar lebih terbuka dan memudahkan anda menentukan biaya. Ingat, dalam hal ini mereka lebih berpengalaman dari anda!

Artikel Populer : Tips Membeli Rumah Kpr

  • Riset Material Bangunan

Setelah perencanaan anggaran yang anda susun bersama juru bangunan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset harga. Di lokasi tempat tinggal anda pasti tidak hanya tersedia satu macam toko bangunan. Anda dapat mengkomparasikan harga setidaknya dari tiga toko bahan bangunan dan menimbang dengan menghitung keuntungan untuk lebih berhemat.

  • Pembangunan Bertahap

Lakukan pembangunan bertahap atau tidak serta merta menyeluruh pada tahun itu juga. Jika anda sudah menentukan bagian yang penting dalam membangun, maka bagian lainnya hanya penunjang dan dapat ditunda bukan? Oleh karena itu, pembangunan bertahap lebih efisien untuk menghemat pengeluaran sementara waktu.

Demikian artikel informatif mengenai tips cerdas membangun rumah dengan budget minim. Semoga bermanfaat!