Manfaat Tomat, Kandungan yang bikin geger !!!

Buah Tomat berasal dari Benua Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan dapat kita temukan pula di sekitar rumah ataupun membelinya di pasar. Umumnya buah tomat ditanam di ladang,pekarangan dan biasa ditemukan di alam liar pada ketinggian 1 – 1600 dpl .

Dalam ilmu Botani , tomat dikategorikan sebagai buah namun lebih sering diolah dan dikonsumsi sebagai sayuran . Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan dan tidak pula tahan terhadap sinar matahari terik. Secara umum buah tomat memiliki spesifikasi kulitnya yang tipis,licin mengkilap dan berwarna merah ketika sudah matang.

Pada masakan padang , biasanya dimatang saat tomat berwarna hijau atau belum matang hal ini didasarkan pada kebanyakan masakan karena lebih nikmat dan gurih.

Didalamnya terdapat biji dalam jumlah yang banyak dan berwarna kuning kecoklatan, biji ini berfungsi untuk membuat anak baru ketika matang dan menyentuh Tanah .

Diseluruh dunia ada banyak jenis varietas buah tomat sekitar 1000 varietas yang beragam baik dari sisi bentuk,ukuran ataupun warnanya.

Buah tomat yang kita temukan dipasaran mempunyai bentuk umum yaitu bulat namun ternyata selain bulat masih ada bentuk lainnya dengan ukuran yang lebih besar,berdaging tebal,bijinya sedikit dan berwarna merah disebut dengan tomat Apel. Tomat jenis ini banyak disantap dalam keadaan segar sebagai camilan atau cuci mulut seusai makan.

Adapun tomat berukuran kecil dikenal dengan sebagai tomat sayur karena digunakan untuk masakan, adapun untuk tomat yang ukurannya kecil sebesar kelerang disebut dengan tomat ceri dalam bahasa sunda dikenal dengan kemir dan dicampurkan untuk hidangan sambal dalam salad.

Dalam buah tomat terdapat sejumlah nutrisi dan rendah kalori terutama yang sudah masak , seperti Vitamin A, C , K , Karoten,terutama Likopene dan Biotin.

Fakta menyebutkan bahwa tomat merah mengandung likopene  empat kali lebih besar daripada tomat hijau, khasiat antikankernya akan meningkat bila dimasak atau direbus sebentar.

Kalau terlalu lama akan mengakibatkan kerusakan pada zatnya terutama Vitamin C.

Kandungan Nutrisi dan zat berkhasiat pada tomat mengandung alkaloid ( tomatin,alfatomatin,solanin ),Saponin,asam folat,asam malat,asam sitrat,asam pantotenat,asam salisilat,coumaric acid,chlorogenic acid,bioflavonoid ( termasuk rutin dan pigmen merah bernama likopene ), adenin,biotin,trigonelin,kolin,mineral ( Ca,Mg,P,K,Na,Fe,Sulfur,Vitamin A,B1,B2,B6,C,E,K,niasin ),histamin,protein,lemak,gula ( glukosa,fruktosa ) dan serat yang tinggi.

Khasiat buah tomat sangat beragam netizen, seperti menghilangkan rasa haus,antiseptic pada usus,menambah nafsu makan,merangsang keluarnya enzim pencernaan.

Adapun likopene merupakan zat yang sangat tinggi manfaat seperti antikanker prostat, menetralisir radikal bebas dan bagus pula untuk kecantikan wajah seperti perawatan kulit, jerawat, regenerasi¬† kulit , menghilangkan bekas luka dan segudang manfaat lainnya sehingga anda digalakan untuk selalu mengonsumsi buah tomat secara rutin dan teratur , semoga bermanfaat dan share ke teman-teman anda ya ….

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan