Makanan Sehat Pencegah Penyakit Lupa

Pikun merupakan penyakit yang sering menyerang orang yang sudah tua seperti nenek dan kakek kita. Namun tak jarang pikun juga menyerang kalangan yang berusian muda. Hal ini dikarenakan beberapa makanan yang dikonsumsi tidak sehat yang membuat otak berjalan lambat seperti MSG atau karena makanan cepat saji. Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan kepikunan adalah kurangnya mengasah otak. Mengasah otak bisa dilakukan dengan mengisi teka-teki silang atau dengan membaca buku. Kemudian asupan makanan yang sehat juga penting untuk mencegah kepikunan. Banyak berbagai cara untuk mengatasi lupa, misalnya membuat catatan, menggunakan jam tangan pria, meminta bantuan keluarga untuk mengingatkan. Namun tentunya, akan lebih baik jika untuk menghindari bukan? Salah satunya adalah seperti makanan berikut yang baik untuk dikonsumsi agar otak tetap bekerja secara efektif.

  1. Biji Labu

Makanan pertama yang bisa anda konsumsi untuk mempertajam memori anda adalah dengaan biji labu. Mungkin anda selama ini mengonsumsi labu tetapi bijinya anda buang. Kini anda bisa memanfaatkan bijinya sebagai makanan pencegah pikun yang sangat menakjubkan. Kandungan dalam biji labu juga menurut beberapa penelitian juga sangat efektif untuk mengasah kemampuan berfikir. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi biji labu, asupan zic harian anda akan terpenuhi. anda bisa mengonsumsinya dengan merebusnya atau memasukannya pada kolak yang anda buat.

  1. Kenari

Makanan sehat selanjutnya yang sangat bermanfaat untuk mencegah kepikunan adalah dengan mengonsumsi kenari. Bahkan menurut beberapa penelitian, kenali dapat memperlambat sesorang terkena Alzheimer. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa di dalam kenari terdapat kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk otak. Penelitian ini diperkuat dengan menerapkannya pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan tikus yang memakan kenari memiliki daya ingat yang lebih tinggi disbanding tikus lain yang tidak memakan kenari.

  1. Gandum

Gandum memang sudah terbukti sebagai salah satu makanan yang sehat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain untuk sumber serat yang mengenyangkan, gandum juga dipercaya mencegah seseorang dari kepikunan. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat, vitamin BB, dan vitamin B12 dapat memperbaiki ingatan yang ada pada jaringan otak anda. Banyak cara untuk mengonsumsi gandum seperti dengan memakan sereal gandum atau roti gandum. Beberapa peneliti menyebut gandum sebagai vitamin otak yang sangat bermanfaat bagi anda dalam mencegah kepikunan.

  1. Ikan Atau Minyak Ikan

Makanan sehat yang satu ini sudah tak diragukan lagi sangat berkhasiat bagi tubuh dan otak. Maka dari itu ikan dan minyak ikan banyak dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mnecegah kepikunan. Penyakit pikun atau Alzheimer sendiri disebabkan karena kekurangan lemak omega-3 (DHA) maka dari itu ikan dan minyak ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan ikan dan minyak ikan mengandung lemak omega-3 yang sangat tinggi, yang tentunya sangat baik untuk otak. Lemak omega-3 berfungsi untuk menjaga kesehatan pada sistem saraf.

 

Berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat Anda. Selain itu juga, pentingnya membiasakan diri agar selalu ingat dalam berbagai waktu adalah salah satu terapi agar tidak mudah lupa. Oleh karena itu jam tangan dapat membantu sebagai pengingat. Selamat mencoba.