7 Manfaat Omega-3 untuk Tubuh Kita yang Sudah Dibuktikan Secara Ilmiah

Asam lemak omega ini sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena asam lemak omega berfungsi sebagai eneri untuk jantung, otot, dan organ yang lainnya. Nah untuk itulah dalam kesempatan kali ini akan memberikan artikel kesehatan tentang macam-macam asam lemak omega beserta manfaatnya sebagai berikut :

Asam Lemak Omega-3

Omega-3 ini merupakan asam lemak tak jenuh jamak (polyunsatured) yang tidak bisa diproduksiĀ  sendiri oleh tubuh. Asam omega-3 ini terdiri dari beberapa jenis dan perannya masing-masing, seperti :

  • Docosahexaenoic acid (DHA), asam lemak ini merupakan salah satu komponen penting yang membangun 8% dari berat otak, sehingga DHA ini sangat diperlukan dalam pertumbuhan serta perkembangan otak. DHA ini tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak pada masa pertumbuhan saja, akan tetapi pada lansia juga untuk mencegah kerusakan otak seperti demensia.
  • Alpha-Linolenic acid (ALA), asam lemak ini memiliki bentuk yang paling sederhana dibandingkan asam lemak omega 3 yang lainnya, sehingga ALA ini bisa dibentuk kembali menjadi EPA maupun DHA, dan sebagian besar ALA ini digunakan sebagai penghasil energi.
  • Eicosapentaenoic acid (EPA), yang berfungsi untuk menghasilkan kimia eicosanoid dalam tubuh yang sangat berperan dalam menjaga kekebalan tubuh serta mengendalikan peradangan. EPA ini juga bisa membantu untuk meringankan gejala depresi.

 

Asam omega-3 ini juga diserap oleh membrane sel tubuh serta memiliki fungsi dalam mengatur lemak tubuh dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik. Omega-3 ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan berminyak seperti salmon, sarden, makarel, dan bahan makanan yang bersumber dari tumbuhan seperti biji rami, biji chia , dan walnut.

Asam Lemak Omega-6

Asam lemak omega-6 ini sama dengan asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh jamak dan merupakan asam lemak esensial. Biasanya pada omega-6 ini digunakan sebagai penghasil energi, akan tetapi bisa juga dibentuk kembali menjadi arachidonic acid (ARA) yang menghasilkan bahan kimia eicosanoid, sama halnya seperti EPA. Asam lemak omega-6 ini walaupun esensial, akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa asupan omega-6 cenderung berlebihan, hal ini dikarenakan tingginya konsumsi minyak goreng, mayones, dan makanan yang digoreng. Asam lemak omega-6 ini juga banyak terdapat pada kacang-kacangan seperti mede, almond, serta kedelai. Jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-6 ini secara berlebihan, bisa mengganggu kesimbangan pengaturan peradangan pada tubuh. Idealnya kebutuhan omega-6 ini pada orang dewasa hanya sekitar dan 12 gram untuk perempuan dan 17 gram untuk laki-laki. Namun demikian ada beberapa jenis omega-6 yang tetap aman meskipun dikonsumsi dengan jumlah yang cukup banyak, seperti omega-6 Gamma-Linolenic acid (GLA) yang bersumber dari minyak tumbuhan Evening Primorse dan borage dalam bentuk suplemen. GLA ini akan diserap oleh tubuh yang kemudian diubah menjadi dihomo-gamma-linolenic acid (DGLA) yang sangat bermanfaat untuk meringankan gejala rematik.

Asam Lemak Omega-9

Perlu anda ketahui bahwa asam lemak omega-9 ini sangat berbeda dengan asam lemak omega yang lainnya, dimana tubuh bisa memproduksi sendiri asupan omega-9nya. Hal ini dikarenakan omega-9 ini termasuk dalam asam lemak tak jenuh tunggal yang non esensial. Dan omega-9 ini juga memiliki jenis asam lemak utama yang dikenal dengan asam oleik yang bisa diperoleh dari beberapa lemak hewan dan makanan kacang-kacangan. Walaupun omega-9 ini bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, namun tetap membutuhkan asupan tambahan dari luar, misalnya untuk mengatur lemak darah very-low-density-lipoprotein (VLDL). Omega-9 ini berfungsi untuk mengurangi peradangan, serta asam oleiknya yang merupakan bahan dasar dari selubung saraf pembungkus otak yang dikenal dengan myelin.

Itulah macam-macam asam lemak omega beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu jangan ragu untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega.