Lelah Naik Motor Jarak jauh? Pakai 4 Strategi berikut


Yang namanya berkendara sepeda motor dalam jarak tempuh yang cukup jauh, sahabat berita otomotif terbaru pasti merasakan yang namanya capek. Hal itu maklum saja dialami setiap orang. Sebab ketika berkendara motor terutama jarak jauh, kita dituntut untuk selalu konsentrasi, tancap gas penuh padahal posisi tubuh selalu sama. Duduk dan tak bisa gerak secara leluasa. Kalau kamu terlalu banyak gerak, bisa-bisa kondisi motor kamu jadi tidak stabil, dan itu berbahaya.

Kebanyakan pengendara pasti memutuskan untuk berhenti ketika sudah menempuh jarak tertentu atau ketika merasakan tubuh sudah sangat lelah dan tidak bisa lagi konsentrasi di jalanan. Dalam kondisi semacam itu, memang sebaiknya siapapun yang sedang mengendarai motor atau juga motor, menepi ke rest area. Memulihkan tenaga kembali adalah pilihan yang sangat bijak demi faktor keamanan.

Tapi sebenarnya ada rahasia, khususnya bagi kamu para pengendara sepeda motor jarak jauh agar tidak cepat capek. Terutama berkaitan dengan cara kamu duduk saat berkendara. Apa saja itu? mari kita ulas satu persatu rahasia berkendara jarak jauh dan tidak capek.

  1. Jepit bagian depan motor

Nah, tips pertama berkaitan erat dengan cara kamu duduk. Posisi duduk kamu saat berkendara itu sangat penting dan menentukan sekali tingkat kelelahan kamu. kalau posisi duduk kamu benar, dijamin kamu tidak akan capek meski mengedarai motor dalam waktu yang lama. Posisi duduk yang baik adalah meposisikan paha bagian dalam menjepit jok khususnya bagi kamu yang pakai motor model bebek dan matik. Tapi kalau kamu pakai motor model sport atau motor gede, kamu bisa memposisikan paha bagian dalam menjepit tanki bensin. Percaya atau tidak, posisi seperti ini bikin motor yang kamu kendarai lebih stabil, dan kamu tidak mudah capek.

  1. Jangan duduk terlalu ke depan atau belakang

Masih dengan posisi duduk kamu, kalau kamu mengendarai sepeda motor, jangan duduk di bagian jok terlalu ke belakang atau terlalu ke dapan. Itu hanya buat kamu lebih cepat lelah. Sebab jika posisi duduk kamu seperti itu, tubuhmu dengan kemudi jadi tidak dalam kondisi yang ideal. Nah, lebih baik kamu posisikan dudukmu di tengah-tengah antara pucuk depan jok motor dan juga tengah jok motor. Toh posisi ini selain bikin kamu tidak mudah lelah, juga bisa buat motor kamu jadi lebih stabil. Juga jangan lupa untuk selalu memposisikan punggung tegak lurus. Jangan bongkok, sebab kamu akan mudah sekali lelah.

  1. Hindari posisi tangan tegak lurus saat berkendara

Yang perlu dihindari soal tegak lurus itu bukan punggung ya, tapi bagian tangan. Kalau kamu amati, kabanyak orang berkendara pasti tanganya dibuat tegak lurus. Padahal itu hanya buat pengendara lebih cepat lelat. Lebih baik, tangan kamu sedikit kamu tekuk dengan posisi yang sangat santai dan nyaman. Jadi dengan begitu kamu tidak akan mudah lelah. Kalau dibuat ukuran ya ditekut sekitar 30 derajat lah. Tapi ini tergantung ukuran fisik kamu.

  1. Kaki wajib siaga!

Bagaimanapun saat kamu berkendara jarak jauh, kaki harus selalu dalam kondisi siap siaga. Maksudnya seluruh telapak kaki harus berad di atas foot step motor. Posisi ini akan membuat peredaran darah yang sempurna, jadi kamu tidak akan mudah lelah dan capek.

Nah itulah beberapa tips yang bisa sahabat berita otomotif terbaru praktekkan agar tidak mudah lelah meski mengendarai sepeda motor jarak jauh.