Ini penyebab terbesar kenapa kuota internet mudah habis pada smartphone

Halo teman Blabla Tekno  – Memang hal yang sangat mengesalkan ketika kita sedang asyik-asyiknya browsingan eh tiba-tiba tidak bisa konek lagi ke internet dan tak terasa sudah ada peringatan dari operator ponsel tentang kuota internet yang habis padahal rasanya baru beberapa minggu ngisi kuota jadinya kadang menyalahkan operator dengan tudingan negatif ” harganya mahal tapi kuotanya sedikit ,jaringan jelek dan sebagainya “.

gambar grafik penggunaan kuota internet

Memang hal wajar bagi pengguna smartphone android untuk terus konek ke internet karena segudang aplikasi yang bisa dinikmati hanya dalam satu genggaman . Tapi fasilitas tersebut berbanding lurus dengan transfer data yang hanyak sehingga kuota internet mudah habis .

Lalu apa saja hal yang menjadi penyebab kuota internet mudah habis pada #smartphone android ? Berikut salah satunya :

1. Data selalu aktif

Ini nih salah satu kebiasaan yang sering dilakukan ketika ponsel tidak digunakan tapi membiarkan data selalu on terus . Padahal walaupun android tidak sedang digunakan tetap saja data terus jalan entah aplikasi yang belum tertutup , sinkronisasi otomatis dan lainnya .

Maka dari itu untuk menghemat penggunaan data internet sebaiknya matikan dengan menekan tombol data ” on off ” biasanya dengan simbol panah atas dan panah bawah yang terletak di bagian atas ponsel ( layar ).

2. Upload video dengan ukuran besar

Bagi penggemar sosial media seperti instagram ataupun youtube biasanya suka digunakan untuk megunggah video entah video pernikahan , traveling atau video kokep ( jangan sampe deh , dosa ) untuk pamer dan sebagainya.

Padahal jika anda jeli , ukuran data dalam sebuah video sangat besar hingga puluhan mega byte dengan durasi satu menit . Bayangkan jika anda mengunggah video dalam jumlah banyak dan durasi yang lama maka secara otomatis kuota terkuras lebih besar . Sebagai solusi , ketika anda hendak mengunggah video sebaiknya di kompress terlebih dahulu supaya ukuran filenya tidak terlalu besar dan hemat data.

3. Menonton video streaming

Dengan smartphone kita tidak perlu jauh-jauh ke warnet hanya menonton langsung dari genggaman tangan anda.

Saking mudahnya menonton video pun dapat dilakukan di kamar entah streaming apa saja , tapi tahukah anda bahwa dalam satu menit streaming video saja sudah menguras tidak kurang dari 5 MB dan jika anda menonton dengan durasi lama sudah bisa dihitung sendiri berapa jumlah byte yang di transfer . Sebaiknya kurangi menonton video agar kuota internet tidak boros apalagi nonton video kokep sudah data habis , dosa lagi…hmmmm terlalu !!!.

4. Mendownload apa saja

Kebanyakan mendownload dapat mengurangi jumlah data internet loh , apalagi berbau aplikasi , game dan video ukurannya sangat besar juga. Sebagai contoh aplikasi PES 2012 , jika anda lihat ukuran filenya sangat besar sekitar 32 MB dan membutuhkan data tambahan sekitar 180 MB , kalau anda membeli paket internet 100 MB saja belum cukup untuk mendapatkan game tersebut apalagi kalau kecepatan downloadnya kayak keong , walah kesal dan marah-marah..

5. Game Online

Mudah , senang dan simple jadi alasan banyak pengguna android di jagat ini . Salah satu kegemaran anak muda adalah main game online . Buat kuota yang terbatas sebaiknya jangan coba-coba main game online karena transfer data yang besar , ponsel cepat panas dan boros uang . Sebagai alternatifnya mendingan main di warnet atau membeli pake internet unlimited tapi berbanding lurus dengan harganya.

6. Mengaktifkan java script

Java script memang butuh saat anda menjelajah sebuah situs web supaya tampil sempurna . Tapi jika diaktifkan iklan-iklan pada web tersebut suka muncul dan memperlambat loading situs serta menguras data internet . Ini memang pilihan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan .

7. Tidak mengaktifkan data kompress 

Pentingnya mengaktifkan kompress data adalah mengurangi ukuran web saat loading sehingga lebih hemat dan cepat ( iklan dan java script tidak muncul ).

Bagi pengguna browser chrome , untuk mengompress data terletak pada menu setelan > Konten .

Bagi pengguna uc browser , pilih saja mode cepat untuk mengaktifkan kompressing data .

Jadi salah siapa apakah anda atau operator ?? Silakan jawab sendiri ya..

Oke mungkin itu yang bisa saya share kali ini , semoga bermanfaat dan selamat mencoba …hehehe

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan