Komodo Island National Park, Tempat Wisata Satwa Purba

Indonesia memang kaya akan objek wisata alam. Selain karena keadaan tanah yang subur, Indonesia juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang selalu menarik. Bahkan, rasanya tidak cukup waktu seumur hidup untuk berwisata mengelilingi tiap lokasi di Indonesia

Salah satu destinasi wisata Indonesia yang menjadi kawasan konservasi resmi UNESCO adalah komodo island national park. Reptila besar yang hidup sejak zaman dinosaurus ini memang hanya ditemukan di Pulau tersebut dan sekitarnya. Tidak heran, banyak wisatawan yang memilih tempat ini karena penasaran dengan reptilia yang satu ini. Oleh karena itu, berikut adalah ulasan tentang beberapa spot yang menjadi favorit wisatawan saat berlibur di Pulau Komodo.

  • Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan wilayah konservasi yang terdiri atas 3 pulau besar dan beberapa pulau kecil. Ketiga pulau besar tersebut antara lain Pulau Komodo, Pulau Rinca, serta Pulau Padar. Keseluruhan luasnya mencapai 1817 km² yang terdiri dari area darat dan laut.

Selain sebagai habitat utama komodo, Taman Nasional Komodo juga memiliki berbagai koleksi ikan, mamalia dan unggas. Tercatat ada 32 jenis mamalia, 128 jenis burung, serta 37 jenis reptilia yang menggantungkan hidup pada ekosistem alami ini. Selain hewan, wisatawan juga bisa melihat aneka terumbu karang dengan snorkeling atau diving.

  • Pulau Rinca

Secara Geografis, Pulau Rinca masih tergabung dalam kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di area konservasi Taman Nasional Komodo. Letaknya masih dekat dengan Flores dengan dipisahkan oleh Selat Molo di sebelah barat Flores. Sama seperti pulau lainnya, kekayaan alam juga dimiliki salah satu pulau yang menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO ini.

Terdapat gunung yang menarik bagi para wisatawan yakni Doro Ora atau Gunung Ora yang memiliki ketinggian 670 mdpl. Jika para wisatawan ingin kesana, rute yang bisa dipilih yaitu lewat Labuan Bajo di sebelah barat Flores.

  • Manta Point

Pesona indonesia wisata bawah laut yang satu ini memang menjadi idaman para pecinta diving dan snorkeling. Bagaimana tidak, keindahannya sangat instagramable. Para wisatawan bisa berenang di Manta Ray yang berukuran lebih dari 3 meter. Yang penting jangan lupa peralatan yang harus disiapkan dan dibawa saat diving atau snorkeling terutama masker dan fin atau kaki katak.

Agar momen menjadi menarik, jangan lupa membawa kamera bawah air atau action cam  yang memiliki pelindung waterproof. Selain itu, gunakan baju renang yang menutupi seluruh permukaan kulit agar tetap aman saat berada di bawah laut.